Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lebih Kuat Mana, Pelek jari-Jari atau Palang

Stanly Ravel - Rabu, 25 Mei 2016 | 12:01 WIB

Jakarta, Otomania - Pelek pada sepeda motor memiliki dua jenis pilihan, jari-jari dan casting wheel atau akrab disebut dengan pelek palang. Meski secara tampilan pelek palang terlihat lebih kokoh, tapi dibadingkan dari sisi durabilitas ternyata lebih kuat pelek jari-jari.

Rangga Noviar, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakara Center, mengatakan pelek jari-jari lebih kuat karena memiliki sifat yang lebih lentur saat meredam benturan. Selain itu, pelek jari-jari juga lebih ringan.

"Pelek jari-jari itu dibentuk dalam suatu rangkaian, artinya ada tromol, jari-jari, dan pelek. Kelebihannya memiliki sifat seperti suspensi yang bisa meredam benturan meski skalanya kecil, sedangkan pelek palang itu bentuknya kokoh tapi paten, artinya tidak ada sifat lentur saat menerima benturan," ujar Rangga kepada Otomania, Selasa (24/5/2016).


Menurutnya salah satu bukti bahwa pelek jari-jari lebih kuat bisa dilihat pada motor-motor off-road. Kalau diperhatikan, hampir tidak ada yang menggunakan pelek palang.

Meski demikian, kedua pelek ini tetap memiliki plus minusnya. Pelek palang memiliki kelebihan karena minim biaya perawatan, tapi sayangnya saat sudah mengalami kerusakan seperti pecah sulit untuk dibenarkan. Sedangkan pelek jari-jari pemiliknya diwajibkan harus rajin melakukan penyetelan rutin, serta menganti jeruji bila sudah berkarat.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa