Perhatikan 5 Hal Saat Pilih Sarung Tangan

Stanly Ravel - Selasa, 24 Mei 2016 | 09:25 WIB

Jakarta, Otomania - Sarung tangan atau glove menjadi salah satu perlengkapan biker untuk berkendara. Bicara soal model, saat ini ada banyak bentuknya, tapi jangan asal pilih karena memakai glove yang baik selain harus aman juga nyaman digunakan.

Teddy Suryadi, Marketing Communication & Community Development PT Sinergi Ventura Pratama yang menjual produk Respiro, mengatakan mamakai sarung tangan bukan hanya sekadar melindungi kulit dari teriknya matahari tapi juga sebagai salah satu bentuk proteksi dari risiko berkendara.

"Dulu memang sarung tangan tidak terlalu banyak digunakan, tapi seiring waktu berjalan orang sudah mulai sadar fungsi dan kegunaan glove. Sarung tangan yang baik selain harus memiliki unsur safety juga wajib nyaman digunakan, ini sangat penting karena akan mempengaruhi cara membawa motor," ucap Teddy saat dihubungi Otomania, Senin (23/5/2016).

Meski saat ini ada banyak model yang ditawarkan dengan ragam kisaran harga, tapi Teddy mengatakan tidak jaminan sarung tangan yang mahal nyaman untuk digunakan. Contoh, penggunaan sarung tanganuntuk balap, dengan harga yang cukup mahal bila digunakan untuk harian pasti tidak akan nyaman.

"Saat akan membeli sarung tangan, harga dan merek tidak selalu jadi ukuran, tapi liat peruntukannya. Ada tiga jenis glove yang dipasarkan, yakni untuk balap, touring, dan daily use, ini harus dibedakan. Sarung tangan touring atau balap biasanya lebih tebal, tentu tidak nyaman saat digunakan harian. Sarung tangan harian baiknya juga tidak terlalu tipis, atau paling tidak memiliki material yang bermutu," papar Teddy.


Berikut lima hal yang wajib diperhatikan saat akan memilih glove untuk berkendara harian.

1. Ukuran
- Sarung tangan memiliki ukuran seperti baju, saat akan membeli baiknya biker memilih yang sesuai dan pas digunakan. Bila terlalu besar, otomatis akan mudah longgar dan hal ini tidak nyaman digunakan.

2. Material
- Pilih material yang berkualitas, yang mudah meyerap udara, karena dengan begitu tangan tidak mudah merasa gerah dan berkeringat.

3. Perhatikan Bantalan Tangan
- Sarung tangan yang baik memiliki materi yang berbeda antara bagian atas dan bawah. Bagian bawah biasanya akan ada bantalan yang berfungsi menjaga tangan dari getaran. Bahkan ada beberapa merek tertentu yang mendesain khusus bantalan dengan tujuan untuk memberikan perlindungan maksimal serta tidak membuat tangan merasa pegal saat menggunakannya berlama-lama.

4. Jahitan
- Perhatikan jahitan pada sarung tangan. Percaya tidak percaya, jahitan yang rapih bisa lebih maksimal dalam melindungi tangan dari cidera atau lecet akibat gesekan. Saat akan membeli usakan menggunakan sarung tangan seperti akan mencengkram grip.

5. Model
- Ada dua model sarung tangan, full dan half. Hal ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh karena sesuai selera. Tapi baiknya pilih yang model full karena lebih maksimal untuk melindungi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa