Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Apakah Mudik Pakai Motor Mulai Ditinggalkan?

Donny Apriliananda - Senin, 23 Mei 2016 | 16:05 WIB

Jakarta, Otomania – Beberapa tahun belakangan, imbauan mudik tak pakai motor mulai merasuk di benak biker. Banyak tanda yang bisa menjadi indikator, salah satunya permintaan suku cadang jelang Lebaran cenderung tak sedrastis dulu, saat orang masih sangat getol mudik naik motor.

M Abidin, GM Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengakui, ada permintaan suku cadang yang naik berkaitan dengan banyaknya orang yang servis motor untuk dipakai jarak jauh (mudik). Namun, kenaikannya tak signifikan.

”Pasti naik, tapi prosentasenya enggak terlalu (banyak). Adanya imbauan untuk tidak mudik naik motor mulai mengena di masyarakat,” ujar Abidin dalam sebuah kesempatan di kantor YIMM, Pulogadung, Jakarta Timur (19/5/2016).

Gembar-gembor banyak pihak untuk mudik aman tak menggunakan sepeda motor menurut Abidin sudah cukup efektif. Banyak orang yang mengirimkan motornya jauh-jauh hari, sementara pemudiknya naik bus atau kendaraan umum.

”Saya tidak tahu persis angkanya (kenaikannya). Kalau dulu bisa lebih dari 20 persen, tapi sekarang antara 5-15 persen. Pabrikan juga sudah tidak mengadakan mudik pakai motor, termasuk Yamaha,” kata Abidin.

Suku cadang yang biasa diminta pengendara motor jelang musim mudik adalah kategori fast moving. Misalnya, pengguna matik mulai ganti V-belt dan roller. Umumnya, ganti oli mesin, oli girboks, ban, dan rem, menjadi part paling favorit jelang musim mudik Lebaran,

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa