Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Aman Kuras Oli Sepeda Motor

Stanly Ravel - Senin, 16 Mei 2016 | 12:35 WIB

Jakarta, Otomania - Mengganti oli pada sepeda motor baiknya dilakukan pembilasan atau flushing. Fungsinya untuk mengeluarkan atau menguras sisaan oli yang sudah mengendap bersama kotoran.

Melakukan flushing bisa dengan memanfaatkan tekanan angin pada kompresor. Tapi bila tidak memiliki kompresor, ada cara lain untuk mengakalinya.

"Kalau di rumah tidak ada kompresor, flushing bisa dilakukan secara manual menggunakan kick starter. Setelah oli dikuras, baut di bawah mesin yang jadi jalur oli keluar jangan langsung ditutup, tapi lakukan kick starter beberapa kali untuk memompa sisa oli," ucap Slamet Pamuji dari Selta Motor kepada Otomania, Minggu (15/5/2016).

Dengan melakukan kick starter, otomatis akan mengerakan komponen di dalam mesin. Terutama bagian yang umumnya terendam oli, dengan adanya gerakan membuat putaran oli yang mengendap terdorong keluar. Tapi jangan nyalakan kunci kontak saat kick starter, ini harus dilakukan dalam keadaan kontak mati.

Cara manual ini diklaim Slamet lebih baik dari menggunakan angin kompresor. Karena selain tanpa biaya juga bisa menghindari adanya uap air yang masuk ke dalam mesin dari angin kompresor.

"Lebih cepat dan maksimal pakai kompresor, tapi lebih aman pakai kick starter. Tekanan angin pada kompresor mengandung uap air, secara skala memang kecil sekali, tapi kalau dilakukan terus menerus bisa jadi penumpukan yang lama kelamaan berpengaruh pada performa mesin," papar Slamet.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa