Waktu Ideal Bersihkan Filter Oli Motor

Stanly Ravel - Jumat, 18 Desember 2015 | 08:19 WIB

Jakarta, Otomania - Kondisi filter oli yang kotor akan membuat fungsi kinerjanya berkurang. Bahkan akibat banyaknya kotoram yang mengendap bisa menghambat jalur aliran pelumasan ke komponen mesin lainnya.

Karena itu penting sekali bagi biker menjaga kebersihan filter. Cara mudah adalah dengan rajin mengecek kondisi kebersihannya ketika hendak mengganti oli mesin, tapi untuk membersihkannya ada waktu tertentu yang bisa digunakan.

"Beda motor beda juga waktu membersihkanya, untuk mudahnya kita ambil dari jarak tempuh pemakaian kendaraan," ujar Ade Rochman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika saat dihubungi Otomania, Kamis (17/12/2015).

Menurutnya, untuk tipe motor jenis matik baiknya dibersihkan setiap 8.000 km sekali, tipe sport dilakukan berbarengan dengan pergantian oli, yakni 4.000 km, dan tipe motor cup tiap 12.000 km. Hal ini bisa dilakukan di tiap kelipatannya.

Untuk membersihkan cukup gunakan bensin, tapi jangan dicelupkan terlalu lama. Setelah bersih wajib langsung dikeringkan dengan kompresor angin, karena bila didiamkan terlalu lama bisa merusak lapisannya.

"Sangat dianjurkan untuk rutin membersihkan filter oli, hal ini bisa mengurangi kerusakan mesin dan memperpanjang umurnya. Jangan tunggu jadwal harus ke bengkel, karena hal ini mudah untuk dilakukan sendiri," ujar Ade.
Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X