Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rahasia DVP Bisa Jadi Onderdil :"Murah" Daihatsu

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 10 Mei 2016 | 17:49 WIB

Jakarta, Otomania – Total populasi kendaraan bermerek Daihatsu di Indoensia saat ini sudah lebih dari 1 juta unit, naik berkali-kali lipat dari 2007, yang cuma 200.000 unit. Situasi ini tentu menciptakan pasar tersendiri, terutama dalam kebutuhan suku cadang atau onderdil untuk perawatan.

Kendaraan baru Daihatsu masih akan kembali ke bengkel resmi selama 3 tahun pertama kepemilikan konsumen, karena masih garansi. Selanjutnya, mereka akan bergeser ke bengkel umum dan mencari berbagai onderdil yang ada di pasar, mulai dari asli, imitasi, sampai palsu.

Ahmad Syaufi, Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Sunter, Jakarta Utara, kepada Otomania, Selasa (10/5/2016), mengatakan, pasar suku cadang selain genuine ini mencakup 80 persen pasar suku cadang kendaraan. Sayangnya, banyak onderdil yang bukan genuine ini punya kualitas yang bisa dipertanggung jawabkan.

“Bayangkan pasar suku cadang genuine itu hanya 20 persen dari total pasar. Sisanya, suku cadang pengganti atau dibilang KW 1 sebesar 20 persen, KW 2 30 persen dan KW3 sebanyak 30 persen,” ucap Ahmad.

Oleh karena itu Daihatsu melihat ada pasar yang bisa digarap yakni suku cadang alternatif dengan kualitas asli namun dengan harga lebih murah dari genuine part, yakni Daihatsu Value Part (DVP). Onderdil ini menyasar ke ceruk antara genuine part dan pasar suku cadang KW.

Harga

Berapa sih harga jual DVP?

Misalnya, kampas rem Daihatsu Xenia. Untuk jenis genuine part dibanderol Rp 455.000, sedangkan DVP hanya Rp 228.000. Filter udara Xenia dari Rp 130.000 (genuine part), jadi Rp 96.000 (DVP). 

“Jadi cara produksinya sama, namun materialnya yang digunakan lebih kompetitif. Bukan jelek, tapi yang masa pakainya lebih pendek. Kalau genuine 100 persen atau bilang 2 tahun, DVP ini 1,5 tahun. Kalau kualitas dan keamanannya sama,” ungkap Ahmad.

Daihatsu memberikan garansi 3 tahun atau 10.000 km untuk spare part DVP. Selama kurun waktu tersebut spare part DVP yang rusak dapat diganti dengan yang baru. Syaratnya, pemasangan DVP hanya pada bengkel-bengkel resmi Daihatsu. 

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa