Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

VCI Samarinda Wajib Patuh dan Tertib di Jalan

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 10 Mei 2016 | 08:21 WIB

Samarinda, Otomania – Klub sepeda motor saat ini jamak ditemukan dimana saja seiring banyaknya produk sepeda motor yang terus terjual di pasaran. Namun terkadang ada anggota komunitas yang hanya ingin sekedar bersenang-senang tanpa tahu apa yang harus dipahami agar menjadi pengendara motor yang baik di jalan raya.

Pengetahuan mengenai keselamatan dan tata tertib lalu lintas harus dimiliki anggota Vario Club Indonesia(VCI) chapter Samarinda bahkan sebelum benar resmi menjadi anggota klub. Semangat menjadi pengendara yang tertib dan memahami keselamatan berkendara ini yang terus digaungkan anggota VCI tidak hanya untuk teman sesama klub namun juga pada anggota komunitas lainnya.

Hal ini diungkapkan Chendi Nur Rahman, pendiri sekaligus Ketua VCI Samarinda saat ditemui Otomania di Stadion Madya Sempaja, Minggu (8/5/2016) lalu.

“Salah satu syarat masuk menjadi anggota VCI Samarinda adalah anggota tersebut harus memiliki SIM serta selalu menggunakan helm saat berkendara. Hal ini ditanamkan sejak bergabung agar tidak hanya senang-senang saja masuk ke suatu komunitas tapi juga ada pemahaman mengenai berkendara yang tertib dan aman di jalan,” ungkap Chendi.

VCI Samarinda kerap melakukan acara gathering sembari berbagi informasi seputar keselamatan berkendara dan tertib lalu lintas. Pelatihan safety riding diadakan secara berkala bekerja sama dengan pihak kepolisian Samarinda.

Salah satu yang ditekankan komunitas VCI Samarinda ini adalah penggunaan perangkat keselamatan seperti helm. Anggota VCI Samarinda selalu mengingatkan anggota lain apabila ada yang tidak menggunakan helm saat berkendara. Semangat ini bahkan ditularkan kepada anggota komunitas diluar VCI agar selalu menjaga keselamatan diri dalam berkendara.

“Helm itu perangkat wajib digunakan untuk keselamatan berkendara. Anggota VCI Samarinda saling mengingatkan untuk terus disiplin diri berlaku sesuai ketertiban di jalan raya. Juga pada anggota komunitas lain jika terlihat lupa. Kalau tidak menggunakan helm dan terjadi sesuatu, yang menderita juga diri sendiri,” ungkap Chendi.

Otomania yang sejak awal tahun ini melakukan kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas (GATEL) menyebarkan “virus” tertib berlalu lintas ke seluruh komunitas otomotif di Indonesia. Kepada komunitas otomotif yang mendukung keselamatan di jalan raya dan tertib lalu lintas melalui kegiatan mereka, Otomania memberikan stiker sebagai bukti  komunitas tersebut mendukung gerakan tertib berlalu lintas di komunitas mereka.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa