Menanti Perlawanan Honda Freed untuk Sienta

Donny Apriliananda - Senin, 9 Mei 2016 | 09:53 WIB

Jakarta, Otomania – Kedatangan Toyota Sienta di Indonesia International Motor Show (IIMS), April  2016 lalu, kerap dikait-kaitkan dengan Honda Freed. Hal itu tak lain karena mereka ”satu rumpun”, yakni MPV dengan bentuk boxy dan berpintu geser. Alhasil, keduanya dinyatakan head to head.

Tapi pada kenyataannya, Toyota Indonesia mengaku bukan hadirkan Sienta bukan untuk menyaingi Freed, tapi pasar yang lebih luas. [Baca: Toyota Sienta Bukan Saingan Honda Freed]. Menghadapi serangan ini, Honda tetap tenang.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy pernah mengatakan bahwa segmen ini pasarnya cukup kecil (buat Honda). Saat ini HPM mengaku masih konsentrasi dengan BR-V atau Mobilio.

Meski keduanya menolak untuk diadu, tapi sejatinya persaingan tetap panas. Makin seru saat ada bocoran dari Jepang, bahwa Freed generasi baru siap muncul. Modelnya berubah mengikuti garis desain Honda terbaru. Paling keren, mesinnya digosipkan punya pilihan tipe 1.000 cc turbo.

Inilah tanda-tanda perlawanan yang dilakukan Honda. Informasi masih minim, cuma Presiden Presiden dan CEO Honda Motor Co Ltd Takahiro Hachigo, sedikit memberi bocoran, belum lama ini. Dia mengonfirmasi bahwa generasi terbaru Honda Freed akan diluncurkan tahun ini di Jepang.

Sebagai gambaran awal persaingan mereka, berdasarkan data penjualan retail (diler ke konsumen) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tahun lalu Freed terjual 4.319 unit. Lalu pada tiga bulan pertama 2016 mencapai 492 unit.

Sementara Sienta, selama 11 hari gelaran IIMS 2016 (7-17 April) berhasil membukukan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 763 unit. Produk ini baru akan diproduksi akhir Juni dan dikirim ke garasi konsumen Juli 2016.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa