Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek Ringan Kondisi Mobil Usai Dibawa Liburan

Stanly Ravel - Senin, 9 Mei 2016 | 06:46 WIB

Jakarta, Otomania - Usai liburan dengan keluarga ke luar kota ada baiknya dilakukan pengecekan kembali. Tidak perlu repot membawa ke bengkel, karena beberapa komponen penting bisa diperiksa sendiri.

Arifani Perbowo, Logostic and Production General Manager Kia Mobil Indonesia, mengatakan bahwa ada beberapa bagian yang sifatnya bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan mengandalkan visual mata.

"Kalau sifatnya pengecekan tanpa ada kerusakan serius bisa dilakukan sendiri di rumah atau saat waktu lenggang. Mulai dari sistem pelumasan, dan aki mobil, hal tersebut bisa dilakukan sendiri secara mudah, cukup lihat dan kontrol saja," ucap Arifani kepada Otomania (3/5/2016).

Pola pemeriksaan menurutnya sama saat akan berangkat liburan atau melakukan perjalanan jauh. Sistem pelumas yang saat awal sudah dicek, kembali dilihat setelah sampai di rumah, mulai dari takaran oli mesin, rem, dan air wiper.


"Kontrol ini berguna untuk memastikan bahwa pelumas mobil masih dalam tahap normal, selain itu bila berkurang drastis khusus untuk oli mesin dan rem dibandingkan saat awal berangkat bisa diindikasikan bahwa ada kebocoran, untuk hal ini bisa langsung ke tahap pengecekan di bengkel resmi," ucap Apre sapaan akrab Arifani.

Selain pelumas aki mobil juga wajib dilihat kondisinya. Bila menggunakan aki basah, pemilik mobil bisa mengontrol takaran airnya, bila kurang segera di tambahkan. Bersihkan juga kerak yang umumnya menempel di baut positif dan negatif.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa