Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Pernah Bosan Cek si "Karet Bundar"

Stanly Ravel - Minggu, 8 Mei 2016 | 09:35 WIB

Jakarta, Otomania - Selain sebagai penggerak, ban mobil juga menjadi salah satu unsur kenyamanan dalam perjalanan. Ban yang tidak terawat bisa memuat perjalanan menjadii terganggu, parahnya lagi bisa menyebabkan risiko kecelakaan.

Terlebih ketika saat ini Anda sedang menikmati liburan bersama keluarga ke luar kota, demi kenyamanan dalam perjalan baiknya sebelum berangkat pastikan kondisi ban anda prima.

"Mungkin sebagian orang bosan mendengar informasi mengenai ban, tapi rata-rata justru hal ini lah yang sering disepelekan. Kebanyakan baru peduli ketika sudah mengalami masalah dengan ban saat perjalanan," ucap Raja Nami Siregar, kepala bengkel Auto2000 Ciledug kepada Otomania, Rabu (4/5/2016).

Menurut Raja, pemeriksaan kondisi ban sebelum menempuh perjalan bisa dengan melihat idealnya tekanan angin. Patokan yang paling mudah adalah dari tabel informasi tekanan angin yang tertera pada pintu pengendara.


Pastikan juga kondisi ban masih baik permukaannya, contoh seperti pada bagian karet yang masih baik belum ada tanda keretakan atau getas. Ini penting dilakukan karena saat menempuh perjalanan jauh ban akan bekerja lebih keras, apalagi dengan membawa beban penumpang yang lebih banyak.

"Ban akan bekerja ekstra saat menempuh perjalanan jauh, beda dengan saat menggunakan mobil hanya untuk harian. Jumlah penumpang akan mempengaruhi bobot mobil yang otomatis bisa mempengaruhi tekanan angin, bila kurang angin maka ban akan terlihat kempis, efeknya mobil akan melaju lebih berat dan membuat bensin jadi lebih boros," papar Raja.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa