Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Paksakan Motor Harian buat Off-Road

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 8 Mei 2016 | 11:05 WIB

Samarinda, Otomania - Kegemaran menjelajah alam dengan menggunakan sepeda motor offroad belakangan mulai marak. Tak terkecuali di tanah Borneo. Bagi pemula yang ingin mencoba bisa menggunakan sepeda motor yang dimilikinya meski motor tersebut tidak berspesifikasi off-road.

Hal ini diungkapkan Frans Tanujaya, off-roader senior yang menjadi pembicara pada workshop Unity Pitstop di Samarinda, Sabtu (7/5/2016). Menurutnya untuk memulai kegiatan offroad bisa dimulai dari mencoba dengan sepeda motor biasa.

"Semua kegiatan pasti ada permulaan. Mencoba offroad dengan motor yang sudah ada merupakan cara paling mudah untuk memulai," ucap Frans.

Motor biasa bisa digunakan untuk offroad asal memahami bagaimana teknik yang benar untuk melintasi jalan non-aspal. Meski fungsinya berbeda antara motor biasa dan motor cross, tidak ada perbedaan untuk cara melewati halangan di rute off-road.

Frans mengungkapkan awal mula menggunakan motor biasa untuk offroad digunakan untuk mengukur kemampuan motor tersebut di luar jalan aspal. Dari pengalaman tersebut, pemilik kendaraan akan mengetahui bagian kendaraan mana yang harus diubah atau spesifikasi seperti apa yang diinginkan apabila ingin berhasil melewati jalur yang dilalui.

Rute pemula tidak langsung ke rute dengan tingkat ekstrim. Rute-rute seperti jalan perdesaan yang berbatu bisa jadi rute permulaan untuk sepeda motor biasa mengukur kemampuan.

"Dari coba-coba rute seperti ini pemilik kendaraan akan memahami spesifikasi yang diperlukan melintasi medan offroad. Misal meninggikan ground clearence kendaraan. Setelah itu biasanya arahnya akan menuju pada keinginan memiliki sepeda motor off-road. Di sini baru rute yang cukup ekstrim bisa dijajal," ucap Frans.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa