Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biker Kalimantan Hobi Lintas Off-Road

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 8 Mei 2016 | 10:38 WIB

Samarinda, Otomania - Hobi sepeda motor off-road belakangan mulai melanda biker Kalimantan. Alamnya yang banyak menyediakan tempat untuk dijelajah membuat offroad jadi pilihan selain touring di jalan aspal.

Pada acara Unity Pitstop yang berlangsung Sabtu (7/5/2016) di Stadion Madya Sempaja Samarinda, diadakan workshop safety riding khusus biker yang mulai gemar offroad di Kalimantan. Workshop ini langsung dipandu oleh Frans Tanujaya, penggiat motor offroad senior Indonesia.

"Kalau kegiatan olahraga motorcross itu berada pada lintasan yang sama dan tetap. Namun kalau offroad rute yang ditempuh bisa berubah dalam hitungan jam atau hari. Untuk itu perlu persiapan khusus sebelum melakukan kegiatan ini. Hal ini yang coba ditularkan pada biker Kalimantan," ujar Frans.

Frans mengatakan potensi area untuk melakukan kegiatan motor offroad di Kalimantan luar biasa besar. Rute-rute menantang bisa diciptakan tanpa batasan. Pengetahuan dasar mengenai kendaraan dan keselamatam jadi bekal wajib biker sebelum terjun ke rute offroad.

"Persiapan seperti pengetahuan tentang kendaraan yang digunakan, bagaimana cara menangani dalam kondisi darurat jadi dasar biker sebelum berkegiatan offroad. Tidak lupa perangkat keselamatan berkendara harus digunakan selama melakukan kegiatan," ucap Frans.

Frans yang merupakan salah satu pendiri komunitas Terabas sejak tahun 1995 telah menaklukkan rute offroad dalam dan luar negeri. Pada acara Unity Pitstop ini selain memberikan teori ia juga mempraktek secara langsung pada ratusan biker yang hadir di acara ini cara berkendara offroad.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa