Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau "Touring" Naek Motor 2-Tak, Boleh

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 6 Mei 2016 | 08:09 WIB

Jakarta, Otomania – Berlibur dengan menggunakan sepeda motor sah-sah saja dilakukan. Asalkan kendaraan dalam kondisi sehat dalam menempuh perjalanan, termasuk Anda pemilik motor dengan sistem penggerak dua langkah (2-tak).

Bisa dikategorikan, motor 2-tak yang masih tersisa di tangan konsumen, adalah produk lawas. Model 2-tak terakhir yang masih di jual, sampai akhir Agustus lalu, adalah Kawasaki Ninja 150. Sisanya, lebih tua lagi usianya!

Mahfud Bahar Kusuma, Kepala Mekanik Kawasaki Pondok Bambu punya tips bagi pemilik motor dua tak yang ingin menggunakan motor ini sebelum berlibur. Salah satu bagian utama yang wajib diperiksa bagi pemilik motor 2-tak, adalah oli samping sebelum melakukan perjalanan jauh.

Jika terlihat oli sudah berubah warna sebaiknya ganti dengan oli yang baru karena oli samping berfungsi melumasi mesin. “Oli samping sudah pasti harus diperiksa sebelum pergi jauh dengan motor dua tak. Soalnya cukup penting agar mesin tidak bermasalah selama berlibur,” ucap Mahfud.

Kemudian perhatikan cairan pendingin pada radiator, jika model motor dua tak belum menggunakan kipas pendingin. Beberapa model seperti Ninja RR dan R pada Kawasaki masih membutuhkan cairan pendingin dan bagian ini cukup penting untuk diperiksa. Tambahkan air jika terlihat volumenya berkurang.

Khusus untuk motor Kawasaki, periksa kinerja Super KIPS. Sebelum bepergian ada baiknya lakukan servis sistem ini untuk dibersihkan, sekaligus memastikan katup bekerja dengan baik. Katup ini akan berfungsi membuka pada RPM tinggi, agar pembuangan gas sisa pembakaran dapat berlangsung lebih ideal.

“Kemudian cek tekanan ban, kopling dan kampas rem. Setelah semua bagian-bagian tersebut dilakukan pengecekan dan tidak ada masalah,maka berlibur naik motor 2-tak sudah bisa dimulai,” ujar Mahfud.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa