Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sehatkah Bau dan Asap Pada Motor 2 Tak?

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 29 April 2016 | 10:25 WIB

Jakarta, Otomania – Meski sudah tidak lagi diproduksi, sepeda motor dengan mesin dua tak masih jadi primadona kalangan pecinta sepeda motor tanah air. Untuk itu, produk-produk oli mesin khusus sepeda motor dua tak masih banyak diproduksi.

Banyak dari pengguna sepeda motor dua tak masih beranggapan bahwa oli yang paling bagus untuk mesin motor mereka adalah yang mengeluarkan bau wangi serta asap. Padahal hal ini adalah pemikiran yang keliru.

“Bau dan asap tidak ada hubungannya sama performa kendaraan. Ini malah bisa membawa penyakit, membuat rusak paru-paru,” ucap Ishadat Salam, Technical and Training Motul Indonesia saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Pemilihan oli sepeda motor yang baik untuk sepeda motor dua tak adalah minimal memenuhi syarat standardisasi dan sertifikasi lembaga internasional seperti JASO dari Jepang atau API dari Amerika. Selain itu oli sepeda motor dua tak dipilih sesuai dengan saran dari pabrikan mengenai oli yang direkomendasikan.

“Lalu paling penting pilih merek yang sudah terpercaya sebagai produsen pelumas. Tidak lupa beli pelumas di tempat yang terpercaya agar terhindar dari oli palsu yang mungkin beredar di pasaran,” ucap Ishadat.

Motul memiliki dua produk oli dua tak yang sudah terpercaya di pasaran yakni 800 2T dan 510 Powerlube 2T. Produk terakhir ini malah sudah bersertifikasi JASO FD dan API TC yang artinya ramah lingkungan dengan karakter tidak berasap dan berbau.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa