Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Liburan, Pastikan Dulu Kondisi Pelumas Mobil

Stanly Ravel - Rabu, 4 Mei 2016 | 10:35 WIB

Jakarta, Otomania - Pekan ini jadi salah satu momen untuk masyarakat menikmati libur panjang. Meski tidak sepanjang libur Lebaran, namun diprediksi volume kendaraan akan meningkat signifikan.

Seperti biasa, bagi yang akan berlibur ke luar kota menggunakan mobil ada hal-hal yang wajib diperhatikan. Apalagi bagi yang tidak sempat melakukan servis sebelum melakukan perjalanan.

"Karena libur ada di tengah-tengah kebanyak belum sempat servis atau pengecekan di bengkel. Tapi bila yakin mobil dalam kondisi fit, paling tidak ada hal yang harus dipastikan bekerja secara maksimal sebelum jalan," ucap Arifani Perbowo, Logostic and Production General Manager Kia Mobil Indonesia, kepada Otomania, Selasa (3/5/2016).


Menurutnya pengecekan paling utama adalah sistem pelumasan pada mobil. Hal ini menyangkut banyak hal, mulai dari pelumas oli mesin, power steering, radiator coolant, air wiper, sampai pelumas untuk pengereman yang akrab disapa minyak rem.

Minyak rem bisa dicek dari takaran petunjuk tingkat pada tangki minyak yang ada di bagian kap mesin, bila minyak sudah menyusut jangan ditunda untuk menambahkan sesuai takaran. Sedangkan untuk oli mesin bisa dipantau dari dipstick yang tersedia pada setiap mesin kendaraan. Saat melakukan pengecekan oli baiknya dilakukan saat kondisi mesin masih dingin.


"Buka dipstick yang ada pada mesin, lalu bersihkan dengan lap atau tisu kemudian celupkan lagi ke dalam mesin. Setelah diangkat kembali, lihat level pada ujungnya, bila berada di tengah antara E (empty) dan F (full) berarti masih bagus, tapi kalau berada di bawa E bisa ditambahkan, tapi baiknya dicek keseluruhan karena takutnya ada kebocoran," ucapnya.

Menurut Arifani, kejadian paling disepelkan adalah cairan wiper untuk membersihkan kaca, umumnya orang suka lupa padahal sangat ketika menempuh perjalanan jauh. Cairan wiper tidak bisa diisi dengan air saja, tapi ada campuran aditif yang bisa membersikan dan menjernihkan kaca dan berguna menjaga visibilitas pengendara.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa