Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Jazz Gendong Mesin Turbo 1.000 Cc?

Donny Apriliananda - Rabu, 27 April 2016 | 19:18 WIB

Jakarta, Otomania – Akhir-akhir ini beredar kabar dari Jepang tentang rencana Honda menggelontor model facelift Jazz/ Fit, yang bakal dibekali dengan mesin baru, 1.000 cc turbo! Gosip makin santer saat salah satu majalah otomotif di Jepang menurunkan gambar rekayasa digital model ini.

Jika memang gosip itu benar, majalah Jepang tersebut menyatakan bahwa generasi baru Honda Jazz akan meluncur pada Juni 2019. Tak ketinggalan, mereka menyertakan gambar rekayasa digital (rendering) sebagai penggoda.

Usia Honda Jazz generasi ketiga memang masih muda, namun jika mengacu pada strategi global Honda, bisa jadi akan muncul versi facelift dengan penyegaran mesin.

Masih segar di ingatan saat Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) Tomoki Uchida berkali-kali menyinggung soal downsizing turbo bersama Otomania, dalam sebuah kesempatan di Jepang, akhir tahun lalu.

Dikatakannya, Honda siap memprioritaskan mesin dengan kapasitas lebih kecil, namun performa tak kalah bahkan melebihi mesin berkapasitas standar. Konsumsi bahan bakar tetap bisa ditekan, meski performa makin ciamik. Kuncinya? Paduan peranti turbo dan teknologi baru pada mesin.

Singkat kata, Honda akan memberikan pilihan mesin kecil-kecil cabe rawit untuk model-model yang digemari. Contoh pertama sudah meluncur di Jepang, saat Honda memperkenalkan MPV bernama Jade RS. Mesinnya 1.500 cc VTEC turbo, yang tenaganya diklaim setara dengan mesin 2.200 cc!

Contoh kedua, yang baru saja meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, yakni Civic generasi baru berbekal mesin 1.500 VTEC turbo. Semua contoh itu mengarah pada strategi downsizing turbo Honda, dan sangat mungkin terjadi untuk Jazz.

Saat pada waktunya Jazz datang dengan mesin kecil tapi menyalak, Honda bisa mengambil kesempatan untuk semakin ”menggoda iman” para penghobi hatchback.

Apalagi, jika menyimak ulasan majalah Jepang tersebut di atas, Jazz baru itu akan lebih ringan 30 kg dibanding generasi saat ini. Layak ditunggu, meski harus menikmati dulu Jazz masa kini yang masih cukup seksi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa