Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bosan dengan Jazz atau Yaris, Ini Hatchback "Anti-Mainstream"

Donny Apriliananda - Kamis, 10 Maret 2016 | 07:40 WIB

Jakarta, Otomania – Sejak tren low SUV dan crossover merebak, mobil jenis hatchback segmen-B mulai meredup. Kendati demikian, buat sebagian orang yang masih suka, justru inilah momen yang pas untuk berburu model tersebut, karena harganya sudah pasti tak sekuat dulu.

Merek-merek Jepang jelas masih mendominasi, sebut saja Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift, sampai Mazda2 yang dianggap sebagai penghuni mainstream. Otomania coba merangkum buat Anda yang bosan dengan para ksatria Jepang. Ternyata, banyak pilihan yang bisa menjadi alternatif.

Sebutlah Kia Rio dan Hyundai Grand Avega yang datang dari semenanjung Korea. Lalu masih ada sisa kejayaan Chevrolet Aveo dan Ford Fiesta yang asal Amerika Serikat. Dari Eropa, VW Polo TSi masih bisa jadi pilihan sangat menarik.

Kia Rio

Model ini menjadi salah satu yang tersukses setelah Picanto di Indonesia. Desain cantik khas Peter Schreyer membuatnya mampu bersaing secara tampang. Fitur yang dimiliki cukup seimbang dengan merek Jepang, termasuk adanya Eco Mode yang membantu pengemudi menghemat BBM selama perjalanan.

Harga baru mobil ini mulai Rp 224 jutaan untuk tipe transmisi manual dan Rp 238 jutaan untuk tipe transmisi otomatik. Ada juga tipe Platinum yang berbanderol Rp 260 jutaan.

Versi bekasnya turun drastis, untuk tahun 2014-2015 di pasaran sudah berada di angka Rp 160-180 jutaan. Tahun di bawahnya bisa ditawar hingga Rp 120 juta.

Hyundai Grand Avega

Mobil ini menjadi salah satu hatchback laris di Amerika Serikat karena harga yang terjangkau dan konsumen mendapat fitur yang cukup baik. Namun dibandingkan dengan Kia Rio yang sesama Korea, model ini tidak lebih populer. Jaringan servis masih sedikit menjadi salah satu pertimbangan.

Tapi secara harga, model ini menjadi yang paling terjangkau. Kisarannya berada di Rp 211 juta hingga Rp 232 juta, dibagi menjadi lima tipe.

Harga bekasnya juga tergolong lebih murah ketimbang hatchback lain, apalagi untuk tahun 2011 yang tak sampai Ro 120 juta.

Ford Fiesta

Bisa dibilang, Fiesta adalah hatchback dengan fitur paling lengkap di kelasnya, seperti pada umumnya model-model Ford. Desain dan ”feel” bak mobil Eropa sangat terasa, apalagi dilengkapi pilihan mesin ecoboost yang efisien dan bertenaga. Mobil ini bisa menjadi alternatif buat yang ingin fitur lebih dan canggih.

Sejak PT Ford Motor Indonesia mengumumkan tutup, tidak ada harga mobil baru Ford untuk sementara ini. Di pasar mobil bekas, harga terjun bebas tahun 2014-2015 di kisaran Rp 150-170 jutaan. Di bawahnya, bisa sampai Rp 120 juta, bahkan kabarnya sudah menyentuh Rp 100 jutaan.

Chevrolet Aveo

Bagi yang ingin tampil beda dan jauh dari kesan mainstream, New Aveo bisa jadi pilihan. Mobil ini punya ciri khas lampu depan yang tak dipunyai model lain, yakni bulat-bulat dengan besel merah-hitam di pinggirannya. Sekilas cukup berotot, didukung dengan fitur yang cukup bisa bersaing.

Saat ini, General Motors Indonesia tidak menjual Aveo baru. Namun jika Anda mencari versi bekas, di pasaran dipatok antara Rp 110-130 juta untuk tahun 2013 ke atas.

Volkswagen Polo 1.2

Dalam ajang GIIAS 2015 lalu, Vokswagen Indonesia meluncurkan Polo terbaru dengan spesifikasi khusus. Harga berada di kisaran Rp 260 jutaan, bisa menjadi alternatif hatchback rasa Eropa yang kental. Mesin TSi yang sempat bermahkota sebagai mesin terbaik dunia sudah pasti menjadi senjata andalan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa