Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Area Tes Sempit, Moge Banyak yang Jebol

Donny Apriliananda - Sabtu, 16 April 2016 | 11:35 WIB

Jakarta, Otomania – Tak hanya pengunjung yang merasa kurang puas dengan area test ride motor di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Sejumlah sepeda motor berkapasitas mesin besar (moge) juga kena dampaknya.

Area yang sangat sempit ditambah dengan tingginya frekuensi pengunjung yang ingin mencoba, bikin moge-moge yang dipajang rontok. Banyak yang overheat (suhu mesin terlalu panas), juga ada yang sampai ganti kanvas kopling!

Otomania mendapat cerita dari beberapa petugas dan penanggung jawab salah satu merek yang mengikutsertakan motornya untuk tes. Suhu udara panas, ditambah tidak adanya trek lurus yang panjang untuk mendinginkan mesin sangat jadi kendala.

”Kalau motor-motor kecil tidak masalah. Ini banyak moge. Mesin menyala terus, mesin sudah pasti panas, tapi pendinginan tidak maksimal karena tidak ada bantuan dari angin,” ucap salah satu petugas yang tak mau disebut namanya, (15/4/2016).

Dia bercerita, sempat indikator termostat Honda NM4 Vultus menyala, pertanda mesin kelelahan karena panas. Sesi tes pun diistirahatkan sejenak untuk memberi kesempatan sang moge ”tarik nafas” dan ”kipas-kipas”.

Lebih parah lagi, satu unit BMW R nineT harus ganti kanfas kopling karena pemakaian yang kurang tepat. ”Area sempit memicu orang suka memainkan kopling. Semua kan posisinya mencoba, pasti mencari sela lepas kopling yang pas,” kata petugas.

Tentu ini adalah kondisi yang sangat disayangkan.Sukses IIMS 2016 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, mendatangkan pengunjung tidak didukung dengan area test yang mumpuni.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa