Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hasil Kualifikasi GP Bahrain, Rio: Saya Kecewa

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 3 April 2016 | 09:01 WIB

Jakarta, Otomania - Pebalap tim Manor Racing Team (MRT) asal Indonesia, Rio Haryanto menelan kekecewaan setelah pada sesi kualifikasi. Rio hanya mampu menempati urutan ke 21, sementara rekan satu timnya, Pascal Wehrlein, mampu merangsek ke posisi start 16.

"Setelah sesi latihan ketiga yang cukup menjanjikan pagi ini, saya merasa kecewa dengan hasil sesi kualifikasi. Ini akan jadi pekerjaan berat saat balapan besok namun saya masih memandang optimis, seperti saat saya merasa puas dengan hasil latihan kemarin," ujar Rio dalam rilis yang diterima Otomania.

Rio merasa kecewa karena dia hanya memiliki satu kesempatan saja dan tidak memiliki waktu untuk dapat mencatatkan waktu terbaik di sesi kualifikasi. Ini akibat peraturan kualifikasi yang baru gunakan FIA, badan penyelenggara balapan Formula1.

Dalam peraturan ini pebalap memiliki sedikit waktu untuk mencatatkan waktu tercepat di sesi kualifikasi yang dibagi menjadi tiga sesi yakni Q1, Q2 dan Q3. Setiap 90 detik, pebalap yang gagal mencatatkan waktu tercepat akan tersingkir dari proses kualifikasi dan harus meninggalkan sirkuit untuk kembali ke pit.

Hasil ini tidak membuat Rio patah semangat. Dia berharap ada perubahan dan perbaikan yang akan dilakukan tim MRT pada seri selanjutnya. Rio merasa belum sepenuhnya mengeluarkan potensi kendaraan dan mencoba menghasilkan waktu terbaik dengan sistem kualifikasi terbaru.

Dave Ryan, Racing Director MRT mengungkapkan Rio mendapatkan waktu yang baik saat sesi latihan ketiga namun keadaan berbeda saat kualifikasi.

"Rio mendapatkan akhir pekan yang lebih baik (dari Melbourne) dan nampak bagus di sesi latihan ketiga. Namun dia tidak dapat menciptakan catatan waktu terbaik saat kualifikasi. Meski kecewa, hasil ini cukup bagus baginya," ujar Dave.

Dave juga memuji kinerja tim yang telah menghabiskan waktu untuk mencari apa yang dibutuhkan setelah hasil mengecewakan di Melbourne. Hasil yang ditorehkan Pascal dan Rio pada sesi kualifikasi adalah hasil pembenahan tim MRT.

"Meski kita masih beberapa jarak lagi dari sesi kualifikasi kedua (Q2), dan masih membutuhkan banyak perbaikan, tim MRT telah menuju arah yang benar," ucap Dave.

Catatan Kualifikasi Formula1 GP Bahrain 2016 Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein.

Pascal Q1 P16 3 laps 1:32.806 
Rio      Q1 P21 3 laps 1:34.190

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa