Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perilaku Ini yang buat Kecewa Pengendara

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 24 Maret 2016 | 08:45 WIB

 

Jakarta, Otomania – Perilaku berkendara para pengguna jalan ternyata mampu membuat pengguna jalan lain tidak bahagia. Hal ini diungkapkan dalam hasil survey Otomotifnet dalam Indeks Kebahagiaan Berkendara (IKB) 2016, yang diumumkan, Rabu (23/3/2016).

Penelitian yang melibatkan 3.086 responden di 30 provinsi di tanah air ini menemukan hal-hal yang dinilai membuat berkendara di jalan menjadi tidak menyenangkan. Terbanyak berasal dari aspek perilaku pengendara lain dan kondisi fisik jalan.

Perilaku pengendara lain yang membuat kecewa adalah pengendara yang melawan arus. Selain berbahaya bagi dirinya sendiri, perilaku ini juga membahayakan orang lain. Seringkali digunakan untuk alasan memotong jalan ke tempat tujuan.

Perilaku lainnya adalah pengendara yang membuang sampah sembarangan saat berkendara. Para pengendara ini tidak menyadari bahwa perilaku mereka banyak dilihat orang dan membuat pengendara lain kecewa.

Kemudian ada perilaku pengendara yang memakai lampu yang menyilaukan. Bagian modifikasi lampu kendaraan yang menyulitkan pengendara lain melihat jalan. Terasa mengganggu saat berkendara di tengah hujan.

Terakhir pengendara yang memakai knalpot bersuara mengganggu atau keras. Meski hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang, tetap saja modifikasi knalpot bersuara keras tetap dilakukan. 

Selain itu, kondisi fisik jalan yang paling membuat kecewa pengendara adalah lalu lintas yang macet. Kemacetan membuat pengendara kehilangan waktu juga tenaga juga kebahagiaan.

Faktor-faktor ini didapat dari responden yang diwajibkan menjawab pertanyaan berjumlah 109 buah mengenai beragam aspek dalam berkendara. Dimensi penelitian terdiri dari dua yakni tingkat kepuasan berkendara dan tingkat emosi saat berkendara. Survei ini berlangsung dari Januari 2016 hingga Maret 2016 dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan online survei.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa