Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Efek Air Hujan pada Saklar Motor!

Stanly Ravel - Jumat, 11 Maret 2016 | 08:52 WIB

Jakarta, Otomania - Meski curah hujan sudah berkurang tapi pemilik sepeda motor harus memperhatikan kondisi kendaraannya. Selain perawatan rutin seperti mencuci, ada hal lain yang tak kalah penting untuk dilakukan.

Air hujan yang mengandung zat asam bukan hanya bisa menimbulkan korosi pada bagian besi pada sepeda motor, tapi juga menyebabkan kerusakan pada saklar. Sifat air yang bisa menembus celah sempit, memungkinkan untuk masuk ke sela-sela panel saklar.

"Motor matik umumnya memiliki saklar yang menyatu dengan bodi atau cover kepala. Ada sela-sela antar saklar yang tidak selalu rapat, hal ini memungkinkan air masuk ke dalam, apalagi ketika berkendara di bawah hujan lebat," ucap Slamet Pamuji punggawa bengkel Selta Motor kepada Otomania, Kamis (10/3/2016).

Menurutnya, efek dari kerusakan saklar memang tidak langsung terasa, tapi setelah beberapa minggu kemudian. Hal ini pun bisa menyerang pada saklar sein, lampu, dan starter.

Contoh kasus seperti kerusakan saklar lampu jauh-dekat pada Yamaha Mio milik konsumennya. Saat lampu jauh dinyalakan tiba-tiba mati padahal bohlam masih dalam keadaan bagus. Ketika dibuka bagian saklar, kondisinya sudah kotor dan terdapat beberapa karat pada bagian panel soket.

"Prosesnya lama untuk berkarat, tidak langsung saat kena air hujan. Bagi motor matik pastikan kondisi cover kepala masih baik, tidak goyang atau longgar antar sisinya. Ini perlu diperhatikan agar tidak ada celah yang membuat air bisa masuk," kata Slamet.

Untuk menjaga kinerja saklar tetap prima, lanjut Slamet, setidaknya seminggu sekali semprotkan cairan penetran atau anti karat untuk melunturkan kotoran dan bekas air hujan.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa