Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cari Penyebab Elektrik Starter Bermasalah

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 10 Maret 2016 | 09:05 WIB


Jakarta, Otomania
– Menghidupkan mesin sepeda motor dengan elektrik starter memang mudah. Namun bagaimana bila perangkat ini tiba-tiba tidak berfungsi?

Bagi pengguna motor ber-cc kecil bisa jadi tidak masalah karena masih ada sistem engkol untuk menghidupkan mesin. Namun ini akan menjadi masalah bagi pengguna motor sport atau moge.

Ada empat komponen yang menjadi penyebab elektrik starter tidak berfungsi. Utama adalah aki, kemudian rangkaian starter (tombol starter dan kabel-kabel), bendik, dan dinamo.

“Kebanyakan masalah starter mati ada di aki. Tapi jika ternyata aki masih baik perlu ada pemeriksaan di komponen lain,” ujar Machfud Bahar, mekanik Kawasaki Pondok Bambu, saat dihubungi Otomania, Rabu,(9/2/2016).

Jika aki masih memiliki tegangan tidak kurang dari 12 volt maka harus ada pemeriksaan di rangkaian starter. Periksa rangkaian kabel yang putus atau tombol starter yang kotor. Caranya gunakan multimeter dan lihat apakah arus listriknya mengalir. Jika tidak artinya kabel harus diganti.

Selanjutnya adalah relay starter atau bendik. Komponen ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari aki ke motor starter. Cara mengeceknya, sambung dua kabel ke aki (+ dan -), jika terdengar suara “ctrak” kondisinya bagus. Jika tidak artinya bendik sudah mati dan harus diganti baru.

Terakhir dinamo, Kerusakan pada dinamo jarang terjadi namun jika rusak kemungkinan ada dua komponen yang bermasalah yakni sikat yang sudah aus atau kumparan yang putus. Jika sikat sudah aus maka harus diganti baru namun bila kumparan putus maka sebaiknya dibawa ke tukang servis dinamo.

Dicek menggunakan multimeter, ujung positif (merah) dihubungkan dengan kabel ke motor starter, sedang ujung minus dihubungkan dengan masa. Tekan tombol starter dan lihat jika ada aliran listrik artinya dinamo rusak.

“Merawat starter elektrik itu mudah.Penggunaan yang berimbang antara starter elektrik dan engkol bisa mengurangi kemungkinan kerusakan,” jelas Machfud.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa