Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Niat Kredit Kendaraan, Hindari 3 Hal Ini

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 3 Maret 2016 | 08:25 WIB

Jakarta, Otomania – M
engajukan permohonan kredit kendaraan bermotor jangan dianggap mudah. Ketika ada kriteria yang dianggap tidak baik menurut leasing, maka permohonan bisa saja gagal.

Arif Reza Fahlepi, Head of Corporate Communication FIFGroup mengatakan, untuk persyaratan dokumen sendiri cukup mudah, seperti kartu tanda penduduk (KTP) suami istri dan kartu keluarga. Namun tidak cukup sampai di situ, masih ada pertimbangan lain.

“Memang seharusnya kita melakukan edukasi ini, sehingga masyarakat bisa paham. Jadi masih ada parameter lain, selain dari hanya melengkapi syarat dokumen, untuk bisa diterima leasing,” ujar Arif kepada Otomania, Selasa (1/3/2016).

Arif melanjutkan, hal pertama jadi pertimbangan, yaitu jangka waktu pembayaran yang dianggap tidak sesuai dengan kemampuan pemohon. “Terkadang ada pemohon yang memaksakan angsuran dalam jangka waktu pendek (1 tahun), namun kami melihatnya tidak realistis, terutama dari kemampuan pemohon sendiri, maka bisa kami gagalkan,” ujar Arif.

Untuk pemilihan tenor ini, pihak leasing biasanya memberikan saran, terkait tenor yang sesuai. Sehingga tidak bersiko terkait dengan proses pembayaran dan pelunasan.

Kedua, lanjut Arif, yang biasanya jadi parameter perusahaan pembiayaan untuk memberi lampu hijau kepada pemohon atau tidak, yaitu rekam jejak konsumen. Apakah pemohon pernah gagal melunasi atau telat melakukan pembayaran pada permohonan sebelumnya.

“Kami memiliki data-data tersebut, apakah konsumen ini tergolong konsumen baik atau tidak,” ujar Arif.

Ketiga atau terakhir, dari sisi pendapatan atau tanggungan. Apakah pemohon yang bersangkutan, masih memiliki tanggungan pinjaman, berapa jumlahnya dan sampai berapa lama.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa