Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fungsi "Door Visor" Bukan Cuma Talang Air

Stanly Ravel - Selasa, 16 Februari 2016 | 15:54 WIB

Jakarta, Otomania — Meski sejatinya naik mobil tidak terkena guyuran hujan, besar kemungkinan air bisa masuk saat pengemudi atau penumpang membuka kaca. Salah satu cara untuk menghindari hal ini adalah memasang talang air atau door visor.

Sesuai namanya, talang air bisa berguna untuk mencegah masuknya air ketika kaca mobil dibuka sedikit, baik saat mengambil tiket atau membayar tol, maupun untuk mengurangi dinginnya suhu di dalam kabin.

Kebanyakan orang menganggap door visor hanya pelengkap tampilan, padahal fungsinya sangat menolong karena bisa mencegah air masuk ke dalam kabin. Keberadaannya bisa melindungi beragam tombol elektrik, salah satunya panel power window yang menempel pada door trim.

"Selain bisa meningkatkan tampilan mobil, talang air juga berguna untuk melindungi masuknya air ke dalam kabin. Banyak orang menganggap sepele hal ini sebelum mereka merasakan sendiri manfaatnya karena air yang mengenai panel power window bisa menyebabkan kerusakan, bahkan tidak menutup kemungkinan menyebabkan korsleting," ucap Raja Nami Siregar, Kepala Bengkel Auto2000 Ciledug, saat dihubungi Otomania, Minggu (14/2/2016).

Biasanya, sebagian besar mobil sudah dilengkapi door visor. Namun, mereka yang belum memperolehnya bisa mendapatkannya di bengkel resmi atau toko aksesori. Kisaran harga cukup bervariatif, mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 700.000, tergantung jenis dan dimensi mobil.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa