Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harga Mobil Bekas Ford Hancur

Stanly Ravel - Selasa, 16 Februari 2016 | 15:35 WIB

Jakarta, Otomania — Rencana Ford Motor Indonesia (FMI) menutup operasinya pada pertengahan 2016 ini mendatangkan banyak keluhan. Selain kerugian di sisi konsumen, penutupan pun secara langsung merugikan pedagang mobil bekas (mobkas), khususnya yang sampai saat ini masih menjual produk Ford.

Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua, mengatakan bahwa keputusan yang diambil oleh FMI memberikan dampak cukup besar, terutama soal nilai jual mobkas Ford yang akhirnya harus turun drastis dan mengakibatkan kerugian.

"Harga Ford saat ini turun sekali, bukan hanya untuk Fiesta, melainkan semua model. Bayangkan, harga Fiesta saja yang populasinya sudah banyak dan dulu cukup baik sudah drastis turunnya di pasaran. Apalagi model lain yang dijual dengan tahun tua, pasti makin tidak keruan. Secara tidak langsung, ini juga merugikan penjualan para pedagang mobil bekas karena harga jualnya yang sudah hancur," kata Herjanto saat dihubungi Otomania, Selasa (16/2/2016).

Memurut dia, apa pun keputusan FMI, hal itu seharusnya tidak diutarakan secara mendadak. Harusnya ada sosialisasi dari jauh-jauh hari agar pedagang dan konsumen bisa mengantisipasi hal-hal yang timbul karena keputusan tersebut.


Herjanto mengatakan, sampai saat ini belum ada berita yang pasti mengenai bentuk lanjutan dari tanggung jawab FMI. Sebagai sebuah ATPM yang namanya sudah cukup besar, kondisi bahwa Ford yang tidak kunjung memberikan kejelasan sangatlah disayangkan. Ini mengingat dampak besar yang terjadi, baik untuk konsumen selaku pengguna, maupun pedagang.

"Di satu sisi, kondisi ini menguntungkan bagi yang masih mencari Ford karena bisa dapat harga sangat murah, tetapi di sisi lain kasihan pedagang yang masih menjual Ford, tetapi dengan harga tidak sebanding ketika mereka membeli. Konsumen juga rata-rata beralih ke produk lain karena takut soal ketidakpastian ke depannya," ucap Herjanto.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa