Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nyawa Satria F150 Karburator Belum Berakhir

Azwar Ferdian - Selasa, 16 Februari 2016 | 15:26 WIB

Sentul, Otomania - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) R2 resmi meluncurkan All-New Satria F150 dengan teknologi injeksi. Meski demikian, peluncuran Satria versi injeksi ini tidak serta merta mematikan versi kaburator. SIS menyatakan tetap memproduksinya, untuk kebutuhan khusus.

Deputy of Managing Director 2W SIS Endro Nugroho usai peluncuran menegaskan bahwa siklus hidup model dengan teknologi karburator masih ada.

”Masih ada kebutuhan, tapi untuk pasar ekspor. Beberapa negara masih butuh, jadi kami tetap lanjutkan produksi,” ujar Endro, di Sentul International Circuit, Selasa (16/2/2016).

Dijelaskan Endro, negara-negara yang masih menerima Suzuki Satria karburator adalah di kawasan Amerika Latin. Di sana, sepeda motor dengan standar emisi Euro2 masih dijual. Meski demikian, jumlah yang diproduksi tidak besar.

Di pasar domestik, pria yang pernah berkecimpung di dunia roda empat Suzuki itu hanya memberikan gambaran, stok sudah sangat tipis. ”Tinggal dua minggu sudah habis. Satria karburator untuk pasar domestik sudah beberapa bulan terakhir tidak diproduksi,” ujarnya.

Kedigdayaan model ini bermula dari lahirnya Suzuki Satria 120 S pada 1997 bermesin 2-tak yang saat itu sukses menggaet perhatian anak muda di zamannya. Lalu berlanjut dengan perubahan yang dilalukan Suzuki selama lima kali, mulai Satria 120R, lalu masuk ke era 4-tak pada 2004 dengan Satria F150.

Toh jika versi karburator akhirnya juga berakhir di luar negeri, kisahnya akan tetap dikenang. Setidaknya, kedigdayaan di arena balap saat digempur dengan bebek super dan ayam jago lain yang sudah berteknologi injeksi, versi karburator Satria masih banyak bicara.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa