Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berkendara Motor Saat Hujan, Harus Lebih Bijak

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 25 Januari 2016 | 06:34 WIB

Jakarta, Otomania –
Mengemudikan kendaraan saat musim hujan jangan dianggap sama, dengan berkendara ketika kondisi cuaca panas. Khususnya untuk sepeda motor, kemungkinan terjadinya kecelakaan lebih besar dibanding dengan kendaraan roda empat.

Bintarto Agung, Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) mengatakan, berkendara saat hujan, terutama untuk roda dua, harus diperhatikan mengenai kecepatan. Karena jika ternyata kondisi ban tidak memadai untuk mengatasi kondisi jalan yang basah, akan berakibat fatal.

“Kadang banyak yang berkendara tanpa memperhatikan kondisi jalan dan ban, sembarangan menggunakan kecepatan, sungguh mengerikan. Masalahnya selain dirinya sendiri yang akan celaka, tapi juga orang lain,” ujar Bintarto kepada Otomania, beberapa waktu lalu.

Kemudian, tambah Bintarto, bijaklah dalam berkendara, perilaku-perilaku yang sekiranya akan merugikan orang lain sebaiknya tidak dilakukan, seperti bermanuver dengan ekstrim, atau melakukan pengereman secara tiba-tiba, sehingga merugikan pengemudi kendaraan yang ada di belakang.

“Pada saat hujan, jangan lakukan antisipasi dan pengereman secara mendadak, maka dari itu kontrol kecepatan. Tidak hanya itu, bermanuver juga jangan terlalu kasar karena dapat mengurangi stabilitas kendaraan bahkan membuat pengendara lain dirugikan,” ujar Bintarto.

Maka dari itu, lanjut Bintarto, saat musim hujan, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, seperti kembangan pada ban, kemudian performa sistem pengereman, apakah berfungsi maksimal. Kemudian cek kondisi lampu-lampu, serta komponen pada motor lainnya.

Bintarto menambahkan,  perlu juga untuk menyiapkan peralatan berkendara yang sesuai standar, seperti helm SNI termasuk kaca mata berkendara, jas hujan, sarung tangan menutup jari, dan sepatu berkendara (menutup mata kaki).

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa