Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Teknik Tambah Kipas supaya AC Cepat Dingin

Stanly Ravel - Rabu, 20 Januari 2016 | 16:01 WIB

Jakarta, Otomania - Kipas radiator menjadi salah satu penyebab tidak maksimalnya pendingin udara di kabin (air conditioner/AC) mobil. Khusunya untuk kendaraan yang masih menggunakan sistem visco fan atau kipas berkopling.

Secara fungsi, sistem visco fan sama dengan jenis kipas radiator lain, yang membedakan hanya cara kerjanya saja. Dengan sistem indpenden, visco fan baru bekerja saat terjadi perubahan suhu di mesin.

Contoh, saat mesin mobil masih dingin dan AC dinyalakan, maka kualitas suhu di kabin tidak langsung maksimal karena kipas belum bekerja. Setelah suhu mesin naik dan kipas bekerja, secara otomatis tingkat kesejukan di kabin baru terasa.

"Mobil-mobil yang masih menggunakan sistem visco fan memang cenderung membutuhkan waktu untuk mendinginkan kabin. Biasanya ini terdapat pada jenis mobil MPV atau SUV lama. Repotnya lagi saat sistem kipas sudah bermasalah, otomatis suhu AC tidak akan maksimal," ucap Workshop Manager PRO-Q, Heru Wibowo kepada Otomania, Senin (18/1/2016).

Untuk mengatasi hal, Heru menyarankan bagi mobil yang masin menggunakan kipas radiator sistem visco melakukan panambahan single fan. Hal ini berguna untuk membantu memaksimalkan fungsi kipas radiator, karena bisa bekerja sejak awal mesin menyala, tidak menunggu suhu berubah.

"Single fan menjadi solusi yang dianjurkan. Untuk pemasangan juga tidak rumit karena tinggal digabungkan dekat dengan kipas radiator bawaan pabrik. Cukup bikin dudukan dan menyambung kabel, single fan sudah bisa bekerja," ujarnya.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa