Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Isyarat "Sakit" Mobil Melalui Panel Indikator

Stanly Ravel - Rabu, 13 Januari 2016 | 15:41 WIB

Jakarta, Otomania - Tiap mobil memiliki sistem yang wajib dipantau pengendaranya. Melalui panel-panel indikator yang ada di depan pengemudi, menjadi bahasa isyarat sebuah mobil berkomunikasi dengan pemiliknya.

Sayangnya, tidak semua pengendara hafal dan bisa memahami apa yang dibutuhkan ketika mobil berinteraksi dengan nyalanya salah satu indikator. Bahkan ada yang cuek sampai terjadi masalah yang fatal.

"Salah satu cara mobil berinteraksi adalah dengan indikator panel, apalagi untuk mobil baru saat ini. Tapi kebanyakan orang malas untuk membaca buku manual padahal semua sudah dijelaskan di dalamnya," ucap Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang saat dihubungi Otomania, Rabu (13/1/2016).

Menurut Indah, ketika mobil mengeluarkan tanda atau simbol melalui panel indikator menandakan bahwa mobil mengalami masalah atau sebagai peringatan. Mulai dari kondisi oli, bensin, temperatur, dan berbagai hal lainnya.


"Panel indikator biasanya tiap mobil beda-beda, makin mewah mobilnya makin banyak indikatornya. Tapi untuk memudahkan bisa dikenali dari warna. Bila merah berarti pengendara harus melakukan pengecekan segera tanpa ditunda, sedangkan bila kuning biasanya digunakan sebagai peringatan yang juga wajib dicek," ucap Indah.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa