Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Pelat Nomor Jadi Nyala

Azwar Ferdian - Rabu, 30 Desember 2015 | 17:34 WIB

Jakarta, Otomania - Nomor polisi pada kendaraan (pelat nomor), sedianya harus mengikuti aturan yang berlaku dan terlihat jelas. Saat ini sedang tren rumah pelat nomor yang bisa memendarkan cahaya dan berguna membuat nopol makin mudah dilihat.

Jika mau sedikit bereksperimen agar lebih rapi, cukup mudah memasangnya sendiri. Cukup beli satu set rumah pelat nomor yang bisa bercahaya itu di toko-toko aksesori mobil. Harganya di kisaran Rp 250.000, terdiri dari dua rumah (depan-belakang), satu set kabel tambahan, dan baut-baut.

Cara memasangnya, menurut Heri Midianto, pemilik toko The Art of Sound di Sentra Otomotif Pasar Inpres, Duren Sawit, Jakarta Timur, (23/12/2015), gampang-gampang susah.

”Tinggal 'mengurut' langkah-langkah yang benar. Tapi susahnya, harus tahu kabel-kabel buat disambung ke rumah pelat nomor. Misalnya disambung ke kabel lampu rem atau lampu senja,” kata Heri.

Berikut langkah-langkahnya:
1. Pasang dudukannya terlebih dahulu. Sudah ada paket baut dalam boks kemasan. Cover pintu belakang harus dibuka agar menemukan lubang pelat nomor (untuk minibus).

2. Pasang jalur lampu LED pelat baru. Di pinggiran pelat akan dipasang lampu-lampu yang akan menyala.

3. Sambung kabel-kabel. Ini yang butuh ketelitian. Agar sinkron antara pelat nomor dan nyala lampu rem, kabel harus ”diurut”.

4. Pasang stiker yang bisa memantulkan cahaya pada nomor dan huruf di pelat.

5. Finishing, yakni merapikan kabel-kabel dan pemasangan dudukan pelat beserta akriliknya.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa