Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Deretan Mobil Jepang Baru "Sepanjang" 2015

Stanly Ravel - Minggu, 27 Desember 2015 | 09:08 WIB

Jakarta, Otomania - Tahun 2015 menjadi tahun yang cukup berat bagi industri otomotif Tanah Air. Bukan lagi soal persaingan, tapi karena situasi ekonomi yang dipengaruhi oleh tingginya nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah membuat seluruh ATPM mengalami kesulitan dalam mwndongkrak penjualan.

Meski demikian, eksistensi coba tetap ditunjukan melalui peluncuran produk-produk baru sepanjang 2015. Nah, untuk menyegarkan ingatan, Otomania sudah merangkum deretan mobil baru yang dimulai dengan mobil-mobil Jepang diluncurkan di Indonesia sepanjang 2015, mulai dari periode Agustus sampai Desember.

Mitsubishi

Pertengahan tahun 2015, tepatnya 10 Agustus, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) resmi meluncurkan, All New Strada Triton. Pikap berpenggerak empat roda (4WD) andalan Mitsubishi di dunia niaga ini datang dengan status impor utuh (completely built up/CBU) dari Thailand.

All-new Strada Triton datang dalam tiga tipe, yakni HDX, GLS dan Exceed. Bila dirinci ada lima varian yang ditawarkan dengan kisaran harga mulai dari Rp 289 juta sampai Rp 403 juta.  Setelah Triton, Mitsubishi kembali meluncurkan Delica Royal dalam gelaran Jakarta Auto Show (JAS), Oktober 2015. Varian ini menjadi model tipe tertinggi keluarga Delica di Indonesia yang dipasarkan dwngan harga Rp 450 juta.

Toyota

Pertengahan 2015 Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan rangkaian produk barunya. Di mulai dengan MPV sejuta umat, Grand New Avanza dan Veloz, 12 Agustus 2015. Produk andalan Toyota ini di pasarkan mulai dari Rp 181,6 juta sampai Rp 226,9 juta.

Setelah itu, dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2015, TAM kembali meliuncurkan Alphard Hybrid yang dibanderol Rp 1,3 miliar beserta pikap andalannya, Toyota New Hilux. Tak sampai disitu, di akhir November All New Kijang Innova juga turut diluncurkan dengan mengisi segmen MPV medium yang dipasarkan dalam dua model mesin, bensin dan diesel.

Daihatsu

Setelah Toyota, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut mengeluarkan model baru di segmen low MPV, yakni Great New Xenia. Mobil ini resmi dipasarkan seharga Rp 151.650.000 sampai Rp 205.800.000.

Datsun

Bermain di segmen mobil murah ramah lingkungan (low cost green cara/LCGC), Datsun meluncurkan versi termewahnya, yakni GO+ Panca T-Style. Sebagai tipe tertiggi model yang dibanderol Rp 115 juta ini sudah dilengkapi dengan kantung udara pada bagian pengendara.

Lexus

Melanjutkan peluncurannya di Amerika Serikat dan Shanghai, Lexus Indonesia juga turut mengenalkan varian LX terbarunya dalam ajang GIIAS 2015. Generasi ke empat SUV mewah ini dibanderol mulai dari Rp 1,1 miliar sampai 1,2 miliar.

Nissan

Meski pasar sedang lesu, tak membuat Nissan Motor Indonesia (NMI) berhenti mengeluarkan produk dengan teknologi terbaru. X-Trail Hybrid meluncur resmi di GIIAS, NMI baru kemudian mengumumkan harga resminya awal November, yakni Rp 625 juta on the road Jakarta.

Suzuki

Setelah Toyota dan Daihatsu, Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut menyegarkan tampilan dari Ertiga yang menjadi produk low MPV-nya. Baik sisi eksterior dan interior turut mendapat penyegaran yang membuat New Ertiga lebih terlihat fresh, harganya Rp 179 juta sampai Rp 216,5 juta.

Setelah New Ertiga, giliran sedan Ciaz yang ikut dipasarkan Suzuki di Tanah Air. Bermain di kelas sedan mini, SIS membanderol Ciaz Rp 275 juta untuk transmisi manual dan Rp 285 juta (otomatis).

Honda

Meski belum resmi diluncurkan, tapi Honda Prospect Motor (HPM) pada Agustus 2015 lalu sudah mengenalkan crossover terbarunya, Honda BR-V.

Bahkan awal Desember 2015, HPM mengumumkan harga resmi beserta variannya, yakni tipe A M/T Rp 243 juta, S M/T Rp 257 juta, S CVT Rp 267 juta, E CVT Rp 288 juta, dan 1.8L Prestige CVT Rp 355 juta.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa