Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Malaysia Turunkan Angka Kecelakaan

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 26 Desember 2015 | 10:02 WIB

Jakarta, Otomania –
Masalah kecelakaan jalan raya bukan hanya milik Indonesia, tetapi juga negara lain, salah satunya Malaysia. Upaya-upaya nyata dilakukan negeri jiran tersebut untuk bisa menurunkan angka kecelakaan.

Salah satu yang dilakukan Malaysia yaitu memisahkan jalur sepeda motor dengan kendaran roda empat. Sistem ini diberlakukan sudah sejak 1980, dan sudah berlangsung hingga saat ini.

Informasi ini didapat dari sebuah materi presentasi diskusi bersama Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) akhir tahun 2014 lalu, milik Bambang Susantono, mantan Wakil Menteri Perhubungan (2010-2014).

Dari hasil evaluasi yang dilakukan di Malaysia diketahui bahwa jalur khusus sepeda motor, dapat menurunkan tingkat kecelakaan sepeda motor sebesar 39 persen dan tingkat fatalitas hingga 83 persen. Dari angka tersebut, bisa dikatakan bahwa cara ini cukup efektif turunkan angka kecelakaan.

Kemudian pada 2012, Inggris ikut mengaplikasikan jalus khusus untuk sepeda motor. Sistem ini kembali terbukti menurunkan tingkat kecelakaan sepeda motor, kemacetan dan mengurangi polusi di Inggris. Diharapkan ke depannya sistem tersebut bisa diadopsi Indonesia.

Sehingga angka kecelakaan yang melibatkan pengguna sepeda motor ataupun kendaraan roda empat bisa berkurang dengan signifikan. Karena selain Malaysia, Inggris sendiri sudah membuktikan efek positif dari sistem jalur khusus tersebut.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa