Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Di Tengah Lesunya Pasar, Penjualan Mobkas Bisa Tembus Target

Stanly Ravel - Sabtu, 7 November 2015 | 09:40 WIB

Jakarta, Otomania - Kondisi pasar otomotif di 2015 memang cukup lemah. Dampak nilai tukar dollar AS terhadap rupiah yang tinggi berimbas pada daya konsumsi pembelian mobil baru yang menurun.

Bukan mobil baru saja, pasar mobil bekas (mobkas) juga turut mengalami hal yang sama. Tapi kendati demkian ternyata penjualan mobil mobkas masih bertahan baik, bahkan targetnya pun tembus dari yang ditetapkan pada awal tahun lalu.

"Ini fenomena menarik, dibandingkan dengan tahun lalu tahun ini ternyata penjualan cukup tinggi. Buktinya target awal yang hanya ditetapkan 3.000 unit sampai akhir tahun, per November ini sudah 32.000 unit, naik 20 persen dari tahun lalu," ucap Herjanto Kosasih, Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua, saat dihubungi Otomania, (6/11/2015).

Hal ini dianggap menjadi salah satu dampak posiitif dari kenaikan harga mobil baru akibat dollar AS yang tinggi beberapa waktu lalu. Bahkan dirinya juga optimis bahwa angka 35.000 unit akan bisa ditembus hingga akhir tahun nanti.

"Dollar sempat tinggi, mobil baru banyak yang ditunda peluncurannya. Di sisi lain, ATPM juga ada yang menaikan harga mobil cukup tinggi akhirnya banyak yang beralih ke mobil bekas sebagai alternatif untuk memiliki mobil," ucap Herjanto.

Menurutnya, pembelian mobil bekas di tahun ini waktunya tidak menentu, tapi pergerakannya selalu ada. Beda dibandingkan tahun lalu yang lebih banyak di saat-saat tertentu seperti di tengah tahun, menjelang Lebaran, dan akhir tahun.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa