Konsumsi BBM Peugeot Django Sport 150, Tembus 31,18 Kpl

Stanly Ravel - Kamis, 5 November 2015 | 15:18 WIB

Jakarta, Otomania - Peugeot Django datang ke Indonesia untuk meramaikan pasar skuter 150 cc. Bermodalkan mesin single silinder dengan sistem injeksi, mesinnya mampu menyuplai tenaga hingga 10,7 tk.

Berkesempatan untuk mengujinya sendiri, Otomania mencoba sekaligus menakar tingkat bahan bakarnya. Selam dua hari motor digunakan untuk beraktifitas sehari-hari dalam kota, metode pengujian pun menggunakan cara full to full.

Tangki bensin motor diisi penuh kemudian catat kilomter terakhir atau kosongkan odometer-nya, lalu gunakan kendaraan seperti biasa sampai jarak tempuh tertentu. Setelah itu, bensin kembali diisi penuh, kemudian catat kilometer terakhir saat mengisi, termasuk seberapa banyak pengisian bensin dilakukan.

Untuk metode pehitungannya, diambil dari jarak kilometer yang ditempuh lalu dibagi dengan banyaknya bahan bakar yang digunakan selama pengetesan.

Hari pertama diawali dengan pengisian penuh tangki bahan bakar menggunakan Pertamax. Tak lupa odometer Django langsung dikosongkan untuk dijadikan patokan jarak tempuh. Rute dalam kota mulai dari Jakarta Selatan sampai Jakarta Timur menjadi medan yang harus dilalui selama dua hari. Posisi ketika pengujian hanya membawa satu orang pengendara dengan bobot 67 kg.

Kemacetan di beberapa ruas yang sedang dalam pembangunan pun kerap menjadi sajian utama yang harus dihadapi. Di sini posisi stop and go dan pengereman kerap dilakukan, perlakuan pun sama seperti harian, kadang agresif kadang berjalan santai.

Selam dua hari perjalanan, akhirnya di kawasan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Otomania pun memutuskan untuk menyelesaikan pengetesan. Angka speedometer berada di posisi 97 km dan langsung dibelokan ke pom bensin terdekat untuk mengisi ke posisi semula.

Hasilnya, jumlah bensin yang masuk hingga ke posisi mencapai 3,11 liter. Artinya selam dua hari perjalanan dengan jarak tempuh 97 km dan membawa bobot 67 kg dengan mesin 150 cc, Django membutuhkan bahan bakar tiga liter lebih.

Setelah mendapat angka, tinggal dilakukan pembagiaan untuk menakar rata-rata konsumsi bahan bakarnya. Jarak tempuh dibagi dengan jumlah liter bensin yang ditambahkan hasilnya rata-rata konsumsi BBM Peugeot Django 150 Sport mencapai 31,18 kpl, atau 1 liter bisa menempuh jarak 31,18 km.
Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X