Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sekitar 20.000 Mobilio di Indonesia Perlu Pembaruan ECU

Agung Kurniawan - Jumat, 30 Oktober 2015 | 16:32 WIB


Jakarta, Otomania - Bagi Anda pemilik Honda Mobilio, Jazz, atau City yang dilengkapi dengan transmisi CVT, ada baiknya simak pengumuman ini! PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja menggulirkan kampanye perbaikan massal (recall) terhadap sekitar 20.000-an unit ketiga model itu, karena perlu melakukan pembaruan program (Program Update) pada Electronic Control Unit (ECU).

Kampanye perbaikan massal ini termasuk dalam program global yang digulirkan prinsipal Honda Motor Company Limited di Jepang.

Perbaikan dilakukan sebagai tindakan pencegahan kerusakan Drive Pulley Shaft (poros penggerak) pada komponen CVT. Penyebabnya, tekanan hidrolik dari oli CVT yang berlebihan saat pengemudi menekan dan melepas pedal gas secara berulang-ulang pada kecepatan tinggi, berpotensi menyebabkan kendaraan kehilangan daya. Pembaruan program dilakukan pada ECU untuk mengontrol tekanan hidrolik dari oli CVT.

Model yang teridentifikasi di dalam program ini meliputi 19.881 unit Mobilio tipe CVT produksi tahun 2014 & 2015, 745 unit Jazz (CVT, 2014), dan 17 unit City (CVT,2014). Sampai saat ini tidak ada kecelakaan maupun cedera yang dilaporkan berhubungan dengan hal ini di Indonesia.

Tomoki Uchida, Presiden Direktur HPM mengatakan, program ini merupakan upaya pencegahan untuk memastikan semua produk yang dipasarkan punya standar terbaik, dalam hal keamanan dan kualitas. Meski unit sudah berada di tangan konsumen, komitmen menjaga kualitas tetap dijaga pihak perusahaan.

"Sebagai bentuk tanggung jawab, Honda selalu melakukan evaluasi berkesinambungan terhadap seluruh produk demi mencapai kepuasan pelanggan yang tertinggi,” kata Uchida, dalam keterangan resminya, Jumat (30/10/2015).

Konsumen yang merasa memiliki Mobilio, Jazz, atau City dengan transmisi CVT bisa segera melapor ke bengkel resmi Honda terdekat. Program ulang ECU dilakukan secara cuma-cuma, alias gratis di seluruh bengkel resmi Honda di seluruh Indonesia.

Honda juga akan mengirimkan surat pemberitahuan pada masing-masing konsumen yang mobilnya teridentifikasi masuk dalam dugaan. Perbaikan bisa dilakukan mulai 2 November, memakan waktu sekitar 30 menit.

Untuk informasi lebih lanjut, konsumen dapat menghubungi Honda Customer Care di toll free 0-800-11-22-789 dari Senin - Jumat, pukul 09.00-17.00 WIB atau hubungi dealer resmi Honda terdekat.

Editor : Agung Kurniawan
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa