Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Di Sini “Biangnya” Cat Mobil Pinggir Jalan

Aditya Maulana - Rabu, 21 Oktober 2015 | 07:05 WIB

Jakarta, Otomania
– Di Jakarta ada beberapa wilayah khusus yang dijadikan tempat berkumpulnya para pengrajin cat duco. Salah satunya di Jalan Raya Alu-alu, Rawamangun, Jakarta Timur. Sepanjang pinggir jalan itu, banyak orang menawarkan jasa pengecatan hingga perbaikan bodi mobil.

Pantauan Otomania, Selasa (20/10/2015) masing-masing orang itu melambai-lambaikan tangan kepada mobil yang melintas sambil menawarkan jasa cat duco. Jumlahnya pun cukup banyak, sehingga para pemilik kendaraan bisa memilih sesuka hati.

“Kami hanya menerima pengecatan mobil dan perbaikan bodi yang rusak ringan. Di tempat lain juga ada sama, tapi ada juga yang menawarkan jasa lainnya,” ujar Rudi pemilik cat duco saat berbincang dengan Otomania di Rawamangun, Jakarta Timur.

Iwan, salah satu pemilik cat duco lainnya mengaku sudah mengawali usahanya tersebut puluhan tahun lalu. Awalnya jasa pengecatan mobil pinggir jalan ini ditekuni oleh sang ayah, kemudian diteruskan Iwan, setelah ayahnya meninggal dunia.

“Awalnya bapak, tapi beberapa tahun lalu sudah meninggal jadi teruskan oleh saya. Saya asli sini (Rawamangun) dan sampai sekarang usaha ini terus berjalan lancar,” ucap Iwan kepada Otomania.

Harga


Mengenai harga, cat duco ini sudah pasti lebih murah dibandingkan pengecatan di bengkel resmi karena proses pengeringannya hanya mengandalkan terik sinar matahari, sedangkan di tempat professional sudah menggunakan oven.

Menurut Iwan, cat duco ini menerima berbagai pengecatan mobil bahkan bisa per panel atau hanya bagian yang rusaknya saja. Harganya dimulai dari Rp 300.000 hingga jutaan untuk seluruh bodi.

“Kalau kecil hanya Rp 300.000 an, tapi kalau seluruh bodi bisa Rp 8 jutaan. Tapi harga ini lebih murah ketimbang di bengkel resmi bisa lebih dari Rp 10 juta,” kata Iwan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa