Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingin Cat Mobil Tidak Cepat Pudar, Ini Caranya

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 1 September 2015 | 13:56 WIB

Jakarta, Otomania – Cat yang masih terawat dengan warna yang tidak pudar, bukan hanya akan enak dilihat, namun nilai jualnya juga akan bersahabat. Jadi jangan remehkan kondisi cat kendaraan khususnya untuk roda empat.

“Memiliki kendaraan, bukan hanya harus berkutat pada bagian mesin dan kaki-kaki, tapi juga di bagian interior bahkan eksterior. Jadi kendaraan bukan hanya bisa jalan, tapi bisa membuat nyaman berada di dalamya dan enak dipandang di bagian luarnya,” ujar Saiful Anwar, Wakil Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda Jakarta Timur, Jumat (14/8/2015).

Saiful melanjutkan, salah satu yang perlu diperhatikan yaitu perawatan cat mobil agar tidak cepat kusam dan memudar. Pertama yaitu untuk mencuci kendaraan di tempat teduh dan parkirkan kendaraan ditempat yang datar, untuk menghindari air mengendap di celah-celah tubuh kendaraan.

“Jika mencucui dibawah terik matahari dan dalam kondisi mesin panas akan menimbulkan bercak air atau busa sabun di permukaan kendaraan, yang lama kelamaan akan membuat lapisan cat terganggu,” ujar Saiful.

Kemudian, tambah Saiful, parkirkan kendaraan di tempat yang teduh, namun jika terpaksa, sangat dianjurkan untuk menggunakan car cover dalam keadaan kering dan bersih. Penutup mobil yang digunakan juga sebaikmnya memiliki bahan yang berlapis. Lapisan pertama berbahan propylene sebagai anti air dan anti UV (ultra-violet), lapisan kedua berfungsi mengeluarkan uap dan genangan air. Lapisan ketiga sebagai proteksi. Kemudian lapisan terakhir atau terdalam bisa berbahan halis seperti wol, untuk mengurangi gesekan/scratch pada body kendaraan.

Poin terakhir dalam merawat cat mobil, tutur Saiful, jika ingin mengunakan car polish (pemoles cat), perhatikan frekuensi dan cara pengelapannya. “Konsultaskan di bengkel resmi dengan teknisi painting ketika mobil sedang servis berkala, agar tampilan kendaraan bisa lebih menawan,” ujar Saiful.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa