Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cari Setelan Tepat buat Komstir Sepeda Motor

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 20 Oktober 2015 | 07:25 WIB

Jakarta, Otomania –
Setang merupakan bagian yang digunakan untuk mengendalikan sepeda motor. Tanpa komponen ini, mustahil kendaraan roda dua bisa digunakan. Kemudian, salah satu bagian dari stang yang cukup berperan yaitu komstir. Bila setelannya tidak pas, maka berkendara akan menjadi tidak nyaman.

Supadno, Kepala Mekanik AHASS Merdeka Palmerah Barat mengatakan, seringkali ketika mengemudikan sepeda motor pada kecepatan biasa, setang sulit untuk dibelokkan. Bisa juga setang terlalu ringan (mudah dibelokkan) dan membuat kendaraan tidak stabil. Hal ini biasanya disebabkan karena setelan komstir yang tidak pas.

“Setelan ini biasanya dikembalikan lagi dengan selera pengendara. Namun, standarnya memang tidak terlalu kaku atau enteng, agar handling tidak sulit. Lebih dari itu, sepeda motor juga bisa digunakan dengan nyaman, dan dalam kondisi berkendara bagaimanapun,” ujar Supadno, Senin (19/10/2015).

Selain karena setelan, setang tidak nyaman dioperasikan, juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada bola-bola (pelor) komstir yang sudah rusak dan berkarat. Salah satu ciri jika pada bagian mangkuk dan pelor komstir bermasalah, yaitu setang oblak jika setang digerak-gerakkan.

“Komponen komstir rusak karena usia memang biasanya karena usia, kemudian karena grease (oli padat atau gemuk) yang menjad karat, sehingga membuat bentuk pelor tidak lagi bulat. Memang ada juga karena sepeda motor yang menghantam lubang. Biaya penggantiannya satu set pelor beserta mangkuk komstir hanya Rp 100.000, untuk sepeda motor bebek dan matik,” ujar Supadno.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa