Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini yang Bikin Kaca Film Berusia Pendek

Donny Apriliananda - Senin, 19 Oktober 2015 | 16:45 WIB

Jakarta, Otomania – Lapisan film pada kaca (kaca film) memang menjadi ”anggota keluarga” interior, atau dipasang pada kaca mobil bagian dalam. Namun bukan berarti lepas dari pengawasan dan kecil kemungkinan rusak. Ada saja kesalahan penggunaan atau perlakuan yang membuat lapisan penolak panas itu kehilangan kemampuannya.

Menurut Billy Susanto, Customer Support Manager PT V-Kool Indo Lestari, (15/10/2015), paling sering ditemui kerusakan karena pengguna tidak hati-hati membersihkan. Misalnya, dilap dengan kain berserat (plast chamois/ kanebo) bekas mengelap bodi mobil.

”Tanpa sadar masih ada pasir sebutir yang dipakai mengelap kaca bagian dalam. Jika hal tersebut dilakukan, muncul baret-baret seperti lingkaran, karena biasanya orang mengelap sesuatu dengan gerakan melingkar,” kata Billy.

Faktor kedua yang kerap merusak kaca film adalah penggunaan cairan yang sifatnya keras. Biar bagaimana pun, kaca film terbuat dari polyester (plastik). Jika menggunakan cairan seperti amoniak, atau alkohol dengan kadar tinggi, kaca film akan cepat kehilangan kemampuan.

”Mungkin pemilik mobil tidak pernah melakukan itu. Tapi kadang ada salon mobil yang asal pakai obat yang keras agar cepat bersih atau wangi,” ujar Billy.

Lalu ketiga, kerusakan pada lem karena kepanasan. Hal itu diakibatkan lem tidak tahan panas. Hal ini berlaku untuk kaca film murah yang sangat diragukan kualitasnya.

”Pada intinya, pemilik mobil kebanyakan menjaga kebersihan kabin, dan pada umumnya kaca film tidak memerlukan perawatan khusus. Cukup dilap saja, toh, apa sih yang membuat kabin kotor? Kalau di luar air hujan mengandung asam. Di kabin, seharusnya bersih dan terawat,” ucap Billy.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa