Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hanya Bermodal Ketok Mampu Hasilkan Rp 250 Juta per Bulan

Azwar Ferdian - Senin, 19 Oktober 2015 | 12:27 WIB

Jakarta, Otomania - Bisnis di sektor otomotif memang menggiurkan. Dari yang bermodal besar, sampai pemain kecil bisa hidup dengan menggeluti bisnis ini. Contohnya bengkel Ketok Magic, yang berada di sektor informal tapi hasilnya menjanjikan.

Tak sulit mencari bengkel ketok magic di Jakarta. Supriyanto, adalah salah satu pengusaha yang bergelut di bidang ini. Pria asal Blitar, Jawa Timur sudah menggulirkan usaha bengkel Ketok Magic di Ibu Kota sejak 1986 dan masih beroperasi hingga kini.

Meski sudah melalui berbagai perubahan zaman, generasi, dan tren, bengkelnya tetap diminati konsumen. Tak pernah sepi pelanggan membuat bengkel Supriyanto jadi salah satu rujukan perbaikan bodi mobil kalau terjadi kerusakaan.

“Kalau lagi ramai per bulan (omzet) bisa Rp 250 juta, kalau sedang Rp 200 juta, dan jika lagi sepi sebulannya Rp 100 juta,” Supri, begitu ia akrab disapa, pemilik bengkel Ketok Magic PH Supri yang berada di Jalan Raya Kalibata, No.20, Cawang III, Jakarta Timur.

Supri menceritakan, sebelum di tempat yang sekarang, ia sudah berkelana di sejumlah wilayah Jakarta. Pertama datang ke Ibu Kota, pria ramah ini membuka bengkelnya di Jatiwaringin, Jakarta Timur, kemudian pindah ke Pos Pengumben, Jakarta Utara, dan terakhir di Kalibata, Jakarta Selatan.

Pelanggan Ketok Magic PH Supri ini tergolong banyak, buktinya setiap hari selalu ada mobil yang diperbaiki dari penyok kecil sampai yang terparah bodi ringsek. Harganya pun dipatok mulai Rp 500.000 hingga puluhan juta atau tergantung tingkat kerusakannya.

“Kami dalam mengerjakan mobil tidak ingin sembarangan. Semuanya harus terlihat seperti aslinya. Meskipun dikerjakan lebih lama, tapi hasilnya maksimal karena kami tidak ingin citra bengkel kami jelek di mata konsumen,” katanya.


Belajar dari nol

Ketok Magic itu, menurut Supri bukan sesuatu hal yang berbau mistis tapi lebih kepada keahlian dan keterampilan serta keuletan seseorang memperbaiki bodi mobil penyok sampai normal. Ia menceritakan, keahliannya ini didapat benar-benar dari nol. Sebelum hijrah ke Jakarta, ia menjadi anak buah Mbah Tutur.

Mbah Tutur itu sendiri menurutnya adalah pencetus Ketok Magic, atau di Blitar disebut dengan “Kenteng Teter”. Saat itu ia bekerja menjadi kacung dan memperlajari apa yang diajakarkan, sampai akhirnya memutuskan untuk pindah ke Jakarta untuk membuka bengkel sendiri.

“Kalau bicara keahlian tergantung dari masing-masing pribadi, kalau memang tidak ada bakat, selama lima tahun tetap akan menjadi anak buah. Tapi kalau punya skil kurang dari lima tahun saja sudah bisa mandiri,” ujarnya.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa