Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Kaprah Soal Ketok Magic, Begini yang Benar

Azwar Ferdian - Jumat, 16 Oktober 2015 | 16:08 WIB

Jakarta, Otomania - Sering mendengar bengkel ketok magic? Anggapan yang selama ini hinggap adalah bengkel yang menggunakan ilmu sihir dan bisa membuat mobil penyok kembali mulus dalam waktu singkat.

Anggapan tersebut ternayta salah. Ketok magic asli tidak berbau gaib, tapi memang berdasarkan kemampuan seseorang memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan keahliannya menggunakan alat sederhana.

Kelebihan bengkel khusus reparasi bodi ini adalah kemampuannya memperbaiki dengan apik meski dalam waktu singkat. Kerap, pengerjaannya tidak boleh dilihat pelanggan sehingga unsur mistis semakin mengental di benak konsumen.

Menurut Nahrowi, salah satu pemilik bengkel spesialis ketok magic PH Supri yang berada di Jalan Raya Kalibata, No 20, Cawang III, Jakarta Timur, anggapan masyarakat bahwa ketok magic itu mengandung unsur mistis dan sihir itu tidak benar. Sebab, pada kenyataannya hanya kemampuan seseorang dalam memperbaiki bodi mobil.

“Sama sekali tidak ada sihir-sihirnya, bahkan proses pengerjaannya pun bisa dilihat langsung oleh pemilik mobil dan kita tidak menutup-nutupi,” ujar pria asal Blitar ini saat ditemui, Kamis (15/10/2015).

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu karyawannya yang bernama Joyo. Ia mengatakan, nama ketok magic itu sendiri hanya sebutan biasa yang sering diungkapkan oleh orang Jakarta dan sekitarnya. Sebab, menurut dia, nama aslinya itu sendiri adalah kenteng teter atau bisa juga disebut ketuk keter.

“Keahlian seperti ini asalnya itu dari Blitar, Jawa Timur, dan di sana disebut kenteng teter atau ketuk teter. Kalau di Jakarta disebut dengan nama itu sudah pasti banyak orang yang tidak tahu, jadi disebutlah ketok magic,” kata Joyo.

Joyo melanjutkan, karena bicara mengenai keahlian maka alat yang digunakan untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok atau rusak cukup sederhana, seperti martil, kawat, dan las.

“Selebihnya tidak ada alat lain. Jadi, alat tersebut kita maksimalkan dengan kemampuan kita. Semakin lama, maka akan semakin rapi,” kata pria yang sudah 27 tahun menggeluti usaha ketok magic.

Nah, sekarang Anda jangan lagi menganggap bahwa ketok magic itu berbau mistis atau gaib. Sebab, pada kenyataannya, pengerjaannya hanya ditarik-tarik dan diketok-ketok.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa