Hasil Tes Konsumsi BBM Yamaha V-Ixion Advance

Stanly Ravel - Selasa, 13 Oktober 2015 | 16:51 WIB

Jakarta, Otomania - Di kelas 150 cc, New V-Ixion Advance menjadi sepeda motor andalan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Selain penyegaran pada sisi tampilan, V-Ixion diklaim datang dengan standar emisi bertaraf Euro III.

Otomania, beberapa lalu diberi kesempatan lebih untuk merasakan sensasi berkendara New V-Ixion Advance. Kesempatan ini kami manfaatkan sekaligus untuk menakar konsumsi bahan bakar yang dikonsumsi mesin 150 cc ketika digunakan di dalam kota, dengan skema berkendara sehari-hari.

Metode penghitungan konsumsi BBM dilakukan dengan full to full, dengan prinsip banyaknya kilometer jarak yang ditempuh dibagi dengan banyaknya bahan bakar yang digunakan. Sistematisnya, bensin diisi penuh, catat km terakhir atau kosongkan kilometer (reset), gunakan kendaraan seperti biasa sampai jarak tertentu. Kemudian, isi kembali tangki sampai penuh, kemudian catat kilometer terakhir saat mengisi, termasuk seberapa banyak pengisian bensin dilakukan.


Untungnya odometer V-Ixion sudah modern yang dilengkapi dengan fitur reset pada trip 1 dan 2. Selesai diisi penuh dengan menggunakan BBM jenis Pertamax pada posisi di atas batas besi pada tangki, tinggal mengkosongkan spidometer, sedangkan untuk patokan jarak tempuh yang Otomania gunakan adalah 100 km.

Rute perkotaan selama dua hari menjadi medan pengujian. Perlakuaan saat berkendara pun benar-benar seperti harian, sesekali berjalan santai, ada kalanya juga cenderung agresif.

Saat berkendara motor hanya menopang satu pengemudi dengan bobot 67 kg. Kemacetan dalam kota juga menjadi menu utama yang sering menghambat laju berkendara dan dihadapkan dengan posisi stop n go.

Dua hari menggunakan V-Ixion Advance akhirnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, odometer New V-Ixion menyentuh jarak 100 km. Waktunya, kembali mengisi tangki supaya untuk mengetahui berapa liter bensin yang dikonsumsi V-Ixion setelah pemakaian.

Hasilnya, jumlah bensin yang masuk hingga ke posisi awal hanya 2,665 liter. Artinya selama dua hari memakai V-Ixion berkeliling sampai jarak 100 km hanya menghabiskan bensin kurang dari 3 liter.

Dari angka ini pun tinggal pembagian dilakukan, sehingga memperoleh rata-rata konsumsi BBM Yamaha V-Ixion Advance adalah, 37,5 kpl atau 1 liter untuk 37,5 km.

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa