Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

”Bentrok” Spesifikasi All-New CB150R Vs V-ixion Advance

Donny Apriliananda - Jumat, 9 Oktober 2015 | 17:01 WIB

Jakarta, Otomania – Faktor pertimbangan utama selain tampang biasanya menyasar soal data teknis. Begitu juga saat bingung memilih antara All-New CB150R atau New V-Ixion Advance. Perbandingan data teknis ini akan cukup membantu menentukan tunggangan yang sesuai kebutuhan.

Jika dilihat dari dimensi, keduanya kini sama ramping. Namun CB150R sedikit lebih panjang. Jarak jok ke tanah mirip, di angka 79 cm, tapi CB150R lebih tinggi 0,7 mm. Sementara jarak sumbu roda V-ixion lebih panjang.

Sisi menarik lainnya adalah bobot. Mungkin karena spesifikasi mesin DOHC, bobot CB150R jauh lebih berat ketimbang V-Ixion (lihat tabel). Namun keduanya sama-sama mempunyai kapasitas tangki bahan bakar 12 liter.

Soal mesin, keduanya pakai teknologi berbeda. Honda percaya DOHC lebih memberikan tenaga ekstra, namun soal tarikan awal, SOHC biasanya lebih cepat. Dari data spesifikasi bisa dibandingkan, tenaga yang dihasilkan CB150R lebih besar ketimbang V-Ixion. Namun torsi yang didapat sebaliknya, V-Ixion lebih unggul.

Untuk tarik-tarikan di awal akselerasi, secara teori V-Ixion akan lebih narik dilihat dari data torsi. Namun faktor transmisi 6 percepatan CB150R terbaru membantu akselerasi di awal. Dipastikan keduanya seimbang.

Perbandingan lain yang menarik adalah ukuran ban. Keduanya sama-sama punya profil ban yang besar. Saat Yamaha menyatakan bahwa V-ixion baru mengadopsi ukuran ban terlebar di kelasnya, saat ini Honda justru membalikkan keadaan.

Simak spesifikasi lengkap dari tabel berikut:

Honda All-New CB150R StreetFire

Yamaha New V-Ixion Advance

DIMENSI

Panjang X Lebar X Tinggi

2.019 mm x 719 mm x 1.039 mm

1.925 mm x 720 mm x 1.030 mm

Jarak sumbu roda

1.293 mm

1.300 mm

Jarak terendah ke tanah               

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa