Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All-New Innova Punya "Mode Sport"

Azwar Ferdian - Senin, 12 Oktober 2015 | 15:01 WIB

Jakarta, Otomania - Kabar mengenai kehadiran All-New Toyota Innova makin santer terdengar. Bahkan, perubahan All-New Innova bakal merambah ke hampir semua bagian, termasuk mesin.

Seperti dilansir KompasOtomotif, generasi terbaru Innova tetap ditawarkan dengan pilihan mesin diesel dan bensin, namun menggunakan jenis baru. “Mesin diesel jadi 2.4 VNT (Variable Nozzle Turbocharger), power di atas yang dulu. Tenaga dan torsi lebih besar walaupun cc-nya lebih kecil,” kata sumber tersebut pekan lalu.

Model diesel saat ini, menggunakan mesin 2KD-FTV 4-silinder D-4D DOHC 2.5L berteknologi common rail variable geometry turbocharger serta bertenaga 100 tk dan torsi 260 Nm. Mesin D-4D juga digunakan pada SUV Fortuner, tapi kemudian pada 2012 SUV itu ditambahkan teknologi VNT.

Kemungkinan besar, mesin 2.4 VNT milik All-New Innova sama seperti Toyota All-New Fortuner yang sudah meluncur di Thailand. Di Thailand, Fortuner sekarang punya pilihan mesin seri 2GD-FTV VNT Intercooler 2.4L bertenaga 148 tk dan torsi 400 Nm. Mesin ini juga dipakai pada All-New Hilux di Thailand, tapi saat diluncurkan di Indonesia pada Agustus lalu, Toyota Astra Motor (TAM) tetap mempertahankan mesin 2KD-FTV.

Sumber menyebut generasi terbaru Innova punya pilihan mode berkendara, salah satunya “Sport” pada varian Q yang sudah diketahui jadi varian dengan spesifikasi tertinggi. “Ini pengaturan bahan bakar di mesin , kalau mode ECO kan bikin irit nah yang ini kebalikannya,” ujar sumber.

Mesin bensin

Innova, Fortuner, dan Hilux merupakan bagian dari platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) milik Toyota, jadi pengembangannya sudah pasti bersinergi. Sumber yang sama juga mengungkap, untuk mesin bensin Innova baru tetap berkapasitas 2.0L namun sudah berteknologi dual VVT-i.

Pada model yang masih beredar sekarang, Innova dibekali mesin 1TR-FE 4-silinder DOHC dengan 134 tk dan torsi 182 Nm. Mencangkokan teknologi dual VVT-i jadi usaha yang sama seperti pengembangan Grand New Avanza, tujuannya meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa