Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ajari Anak-Anak Soal Keselamatan Berkendara

Stanly Ravel - Minggu, 11 Oktober 2015 | 10:01 WIB

Jakarta, Otomania - Selain test ride, PT Astra Honda Motor (AHM) dalam ajang HaiDay 2015 juga turut mengedukasi pengunjung dengan materi safety riding. Pengetahuan dasar mengenai cara berkendara yang baik disosialisasikan kepada peserta yang akan mengikuti test ride.

"Kita coba memberikan pengetahuan dasar mengenai tata cara berkendara yang baik, terutama untuk anak muda. Mulai dari kelengkapan saat berkendara dan prilaku saat berkendara," ucap Acong, instruktur AHM kepada Otomania, Senayan (10/10/2015).

Menurutnya, meski rata-rata anak muda khususnya pelajar sudah banyak yang bisa membawa sepeda motor tapi juga banyak yang belum mengetahui prinsip dasar. Mulai dari kelengkapan berkendara yang masih sekadarnya, sampai sikap saat sedang riding.

"Mulai dari helm dan jaket, masih banyak yang tidak mempedulikan padahal ini perangkat wajib ketika naik motor. Untuk sikap, kebanyakan anak muda atau sekolah masih suka sepele dengan bahaya, banyak yang naik motor sambil becanda padahal resikonya fatal," ucapnya.

Pengetahuan tematis mengenai jaga jarak saat berkendara juga diuraikan. Dari jarak ideal saat berkendara di jalan, sampai sikap dan posisi berkendara yang baik saat melakukan manuver atau berbelok.

"Posisi berkendara yang baik dan paling benar itu badan kita dan motor harus sejajar. Sedangkan saat akan berbelok jangan hanya mengandalkan spion saja, lebih baik pastikan sekeliling dengan menoleh sejenak, dan biasakan jari tidak langsung melekat di tuas rem," ucapnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa