Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perpanjang SIM Idealnya Harus Ujian Lagi

Aditya Maulana - Kamis, 1 Oktober 2015 | 10:01 WIB

Jakarta, Otomania – Di Indonesia untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) masih tergolong mudah. Bila mengikuti prosedur yang ditetapkan memang sulit, tapi ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan buat mendapatkan SIM.

Berbeda dengan negara lain seperti di Jepang, memiliki SIM syaratnya cukup berat, seperti wajib sekolah mengemudi dan mengikuti ujian. Biayanya pun lebih mahal daripada di Indonesia. Itu dilakukan agar tingkat kecelakaan di jalan raya kecil.

Menurut Ketua Badan Pengawas RSA Edo Rusianto, di Indonesia tidak ada batas usia maksimum kepemilikan SIM. Selain itu, idealnya perpanjangan SIM harus dilakukan ujian kembali, baik teori ataupun praktek.

“Di Indonesia umur berapa saja bisa memiliki SIM, padahal kemampuan berkendara seseorang ketika usia masih 29 tahun dan ketika dia mencapai usia 40 tahun sudah pasti berbeda. Dari tingkat konsentrasi, pemikiran dan lain sebagainya. Maka dari itu harus ada ujian ulang kembali buat perpanjang SIM,” ujar Edo saat berbincang dengan Otomania beberapa waktu lalu.

Saat ini di Indonesia cara memperpanjang SIM sangat mudah. Orang yang ingin memperpanjang bisa datang ke layanan SIM keliling tanpa melewati tahapan ujian. Padahal, setelah lima tahun memiliki SIM, otomatis usia akan bertambah dan pasti ada perbedaan kemampuan atau adaptasi dengan lingkungan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa