Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Makin Mudah, Perpanjang SIM Bisa Dimana Saja

Azwar Ferdian - Jumat, 18 September 2015 | 09:35 WIB

Jakarta, Otomania - Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) penduduk Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek) kini sudah bisa dilakukan di mana saja, atau di luar tempat kali pertama membuat SIM, mulai 27 September 2015 mendatang. Pemegang SIM bisa memperpanjang masa berlakunya di satpas SIM seluruh Indonesia.

Dijelaskan Dilansir Puskominfo Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kamis (17/9/2015), Kepala Seksi Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas SIM) Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Kunto Wibisono mengatakan bahwa perpanjangan SIM sudah online.

Kepala Subdirektorat Pendidikan dan Rekayasa (Subdit Dikyasa) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Ipung Purnomo menambahkan, nantinya warga Jadetabek atau yang membuat SIM di wilayah hukum Polda Metro Jaya bisa melakukan perpanjangan SIM dari daerah mana saja.

”Jadi, apabila sedang di luar kota dan SIM-nya habis, tinggal datang ke satpas SIM di kota dia berada saat itu,” ucap Ipung.

Ipung menambahkan, prosedurnya sama saja, yakni hanya perlu membawa SIM yang sudah diperpanjang dan KTP yang sudah memakai NIK E-KTP. Bahkan, jika tak sempat ke satpas SIM, perpanjangan juga bisa dilakukan di lokasi-lokasi SIM keliling.

Kendati demikian, aktivitas ini bisa dilakukan jika SIM masih mempunyai tenggat masa berlaku. Artinya, jika SIM habis pada tanggal 17 September 2015, berarti waktu perpanjangan dengan cara ini tak boleh lebih dari tanggal tersebut, atau ada masa toleransi beberapa hari.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa