Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Biaya Sevice Rutin Mercedes-Benz

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 29 September 2015 | 17:01 WIB

Jakarta, Otomania – Servis rutin kendaraan roda empat bukan hanya akan membuat mesin awet, tapi juga sebagai faktor kenyamanan berkendara. Bayangkan jika, kendaraan yang terlambat atau jarang diservis kemudian mogok, pasti akan sangat merepotkan.

“Tidak ada yang mau jika ditanya mengenai mogok di jalan. Apalagi saat malam hari dan kondisi jalan sedang sepi, cukup mengerikan. Maka dari itu lebih baik mencegah dari pada mengalami,” ujar Adrianto Himawan, pemilik bengkel spesialis Mercy De Techniker Garage, Jumat (25/9/2015).

Himawan menambahkan, baiknya jangan terlambat untuk melakukan servis. Jangka waktu perawatan ringan sendiri umumnya pada 5.000 km sekali untuk mengganti oli mesin, 10.000 km untuk penggantian seperti filter oli, filter udara dan beberapa komponen lain.

“Jadi meski hanya mengganti oli, pastinya tidak hanya hal itu yang dilakukan bengkel tapi juga pengecekan komponen lain, sekiranya ada yang sudah usang dan harus diganti, sehingga tidak menunggu komponennya rusak pada saat kita sedang ada di jalan. Setidaknya antara 5.000 km sampai 10.000 km sekali sesuai pemakaian,” ujar Himawan.

Khusus untuk mobil merek Mercedes-Benz yang sudah jadi pasien Himawan, biaya servis berkala dengan penggantian beberapa komponen hanya mencapai Rp 2,5 juta untuk Mercy lansiran tahun 2000 ke bawah dan Rp 3,5 juta untuk yang tahun-tahun muda. Biaya tersebut juga, kata Himawan, sudah termasuk penggantian spare part, seperti filter bensin, filter udara, filter matik. Kemudian juga oli mesin, oli gardan dan oli matik, serta pengecekan komponen lain.

“Jadi itu perhitungan keseluruhan servis ringan yang komplit. Jika memang tidak ada pergantian, biaya akan lebih murah pastinya. Komponen yang cukup mahal dalam servis ini yaitu pembelian oli matik yang harganya mencapa Rp 200.000 per liter,” ujar Himawan.

Alamat De Techniker Garage
Jalan Dermaga Raya Nomor 98
Duren Sawit Jakarta Timur
081280130306

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa