Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini "Calo Resmi" Pembuatan SIM

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 29 September 2015 | 08:29 WIB

Jakarta, Otomania –
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pada Bab VIII paragraf 1 Pasal 77 ayat 3 menyebutkan, untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) seseorang harus memiliki kompetensi mengemudi, yang dapat diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan atau belajar sendiri.

Meski regulasi tersebut mengizinkan SIM diberikan untuk pengemudi yang belajar sendiri, namun masih ada sebagian masyarakat yang lebih memilih untuk mengikuti kursus mengemudi, khususnya untuk di daerah Jakarta. Pilihan itu diambil, entah karena tidak mampu belajar sendiri, atau hanya memanfaatkan jasa yang disediakan, agar bisa mendapatkan SIM dengan mudah.

Penasaran, tim Otomania mencoba untuk menggali lebih dalam, dengan mendatangi beberapa sekolah mengemudi. Dari tiga institusi tersebut, memang semuanya menyediakan pembuatan SIM dengan tambahan biaya yang berbeda-beda, dari Rp 580.000 sampai Rp 680.000. Sementara jika membuat sendiri hanya keluar dana Rp 150.000 sudah termasuk pembayaran asuransi Rp 30.000.

Namun, ada salah satu institusi mengemudi, yang pemberian SIM-nya hanya untuk program khusus “Pasti Bisa” dengan garansi kemahiran mengemudikan kendaraan. Dalam paket tersebut, pendaftar hanya harus membayar Rp 2,5 juta, dan tidak ada batasan waktu belajar, pastinya sampai bisa.

Sementara untuk dua sekolah mengemudi lainnya, tidak seperti itu, SIM bisa diusahakan diterima peserta pendidikan, setelah selesai mengikuti program pembelajaran. Namun, meski semuanya mengakui akan ketatnya proses pembuatan SIM dalam beberapa bulan ini, mereka tetap menjamin peserta “pasti” lulus dan mendapatkan SIM.

“Kemarin saja kami bawa peserta didik untuk dibuatkan SIM, namun setelah sampai di sana, kita semua diperintahkan untuk pulang kembali, karena mungkin sedang ada pengawasan. Tapi pasti bisa kok mendapatkannya,” ujar salah satu pengurus sekolah mengemudi di Jakarta.

Di tempat lain, sang pegawai sekolah mengemudi mengatakan, untuk saat ini harus rela untuk mengikuti prosedur, lagipula hanya lima tahun sekali. “Justru untuk saat ini dipertanyakan bagi yang mudah mendapatkan SIM, karena memang sedang ketat, jadi ikuti saja prosedurnya, satu hari untuk lima tahun sekali tidak masalah. Jangan khawatir, pasti lolos ujiannya,” ujarnya.

Kesimpulan yang akhirnya tertangkap tim Otomania dari hasil pencarian tersebut, bahwa aroma mendapatkan SIM dengan mudah melalui institusi pendidikan berkemudi, masih santer terendus. Dengan jaminan mendapatkan SIM dari sekolah mengemudi, bisa jadi ini merupakan rupa calo resmi dalam pembuatan SIM.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa