Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ban Tiba-tiba Kempis Sendiri, Ini Penyebabnya

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 26 September 2015 | 08:01 WIB

Jakarta, Otomania – Tekanan udara pada ban mobil seringkali berkurang, padahal mobil hanya di parkir di garasi rumah. Situasi tersebut sering dialami pemilik kendaraan, dan menjadi kendala ketika ingin beraktivitas.

Training and Consumer Product Planning Manager PT Bridgestone Tire Indonesia Herry Maylanda mengatakan, ban tiba-tiba kehilangan tekanan udara seperti, dikarenakan udara yang keluar menembus lapisan karet, dan membuat ban menjadi kempis.

“Hal tersebut terjadi karena molekul udara yang menembus lapisan karet, sehingga lama-kelamaan tekanan angin berkurang,” ujar Herry kepada Otomania, Jumat (25/9/2015).

Herry menambahkan, kondisi seperti ini juga dimungkinkan karena kebocoran halus yang terjadi pada inti pentil. Penyebabnya bisa terjadi karena pada bagian pegas pentil terganjal atau terisi penuh oleh kotoran dan debu, sehingga memudahkan angin untuk keluar ban.

Guna menghindari kondisi tersebut, lanjut Herry, disarankan memakai angin nitrogren (N2), karena molekul dari N2 lebih besar ketimbang udara biasa, sehingga tekanan anginnya cenderung lebih lama bertahan di dalam ban.

“Kemudian, untuk semakin membuat angin di dalam ban tetap stabil, pastikan selalu memakai tutup pentil, untuk menghindari kotoran atau debu tersimpan dan terselip pada inti pentil,” ujar Herry.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa